Featured Video

Senin, 23 Februari 2015

Hotel Berpelayan Robot Dibuka di Jepang

Hotel Berpelayan Robot Dibuka di Jepang
Henn-na Hotel di Huis Ten Bosch, Jepang.

Taman Nagasaki Jepang berencana membuka hotel berpelayan robot pada Juli mendatang. Artinya, layanan di hotel unik itu nantinya akan dilakukan oleh robot-robot setinggi 4 meter. 


Dilansir Japan Today, Senin (23/2), para robot tersebut akan dioperasikan mulai dari bagian resepsionis, pembersih ruangan, sampai menjadi pelayan di restauran hotel. Hotel yang dinamai Henn-na atau bisa diartikan hotel aneh tersebut juga dikabarkan akan menyediakan beragam teknologi canggih.

Tujuan hotel memakai konsep berpelayan robot tersebut bukan tanpa alasan. Selain agar dapat menarik sebanyak mungkin tamu, mekanisme tersebut juga dinilai akan membuat biaya operasional hotel lebih terjangkau. Sehingga harga-harga kamar hotel pun tidak dipatok terlalu tinggi.

Sebagai contoh penyambutan tamu Hen-na Hotel nantinya akan dilakukan oleh staf robot di meja pemesanan kamar. Tas pengunjung juga akan dibawa oleh robot ke ruangan yang dipesan oleh tamu.

Pengunjung juga sekaligus dapat menyaksikan robot menyeduh kopi sampai memberikannya pada tamu. Harga kamar yang disebut salah satu paling terjangkau di kawasan Huis Ten Bosch tersebut nantinya dipatok mulai dari 7.000 yen per malam atau sekitar Rp 750 ribu.

Huis Ten Bosch adalah salah satu tempat bersejarah di Jepang. Di mana tempat ini juga berisi seluruh replika jalan Belanda, mock-up dari istana kerajaan Hague serta replika kapal Belanda yang terdampar di pantai Jepang pada abad ke-17.r