Featured Video

Selasa, 10 Februari 2015

Performa Galaxy S6 Terkencang Sejagat?

Tak cuma desain baru, Galaxy S6 sepertinya juga menjanjikan peningkatan performa yang signifikan. Hal itu dibuktikan dalam pengujian benchmark AnTuTu, di mana performa Galaxy S6 jauh meninggalkan ponsel-ponsel kelas atas saat ini, maupun yang baru akan diluncurkan.

Seperti diketahui, Samsung disebut memutuskan meninggalkan Qualcomm dan sepenuhnya menggunakan prosesor buatannya untuk Galaxy S6. Artinya cuma akan ada satu versi Galaxy S6 nantinya. Pun demikian Samsung menjanjikan Galaxy S6 sudah bisa berjalan di jaringan 4G LTE.

Mungkin karena alasan itu, prosesor Exynos yang akan dibenamkan di Galaxy S6 pun digarap sangat serius, terutama di sisi performa. Karena meski punya performa tinggi, generasi Exynos sebelumnya kerap kalah bila disandingkan dengan prosesor kelas atas Qualcomm.

Tapi mungkin keadaan bakal berbalik, karena dalam pengujian AnTuTu, ponsle yang diduga kuat sebagai Galaxy S6 berhasil menorehkan skor yang sangat tinggi. Bahkan bisa dibilang sebagai yang tertinggi saat ini. Sepertidikutip dari Phone Arena, Selasa (10/2/2015), Galaxy S6 disebut sukses mencetak skor sebesar 60.978 poin.

Padahal ponsel terkencang versi AnTuTu saat ini saja, yang diwakili Galaxy Alpha cuma memiliki skor sebesar 50.829 poin. Sedangkan Mi Note yang sudah pakai Snapdragon 810 malah cuma berhasil mencetak skor 46714 poin.

Sejumlah analis menyebut tingginya performa Exynos 7420 yang dipakai Galaxy S6 bersumber dari pabrikasinya yang sudah 14 nm. Sementara Snapdragon 810 yang jadi andalan Qualcomm masih mengandalkan pabrikasi 20 nm. karena alasan ini juga Apple disebut-sebut kembali memilih Samsung menggarap prosesor untuk iPhone.

Tapi chip grafis Mali-T760 yang ditandem bersama Exynos 7420 juga punya peranan besar. Karena tingginya skor yang diperoleh Galaxy S6 sebagian besar didapat dari peningkatan performa di sisi grafis, terutama bila dibandingkan dengan Exynos 5433 yang dipakai oleh Galaxy Note 4.

Berkat aplikasi benchmark AnTuTu, spesifkasi Galaxy S6 juga terungkap sepenuhnya meski tentu saja masih harus menunggu pengumuman resmi untuk membuktikan kebenarannya. Selain dibekali prosesor Exynos 7420 dan chip grafis Mali-T760, calon penerus Galaxy S5 ini punya besaran RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan kamera 20 MP yang dipadu dengan kamera depan 5 MP.

Adapun bentang layarnya berukuran 5,1 inch dengan resolusi yang sudah QHD (2560x1440 pixel). Galaxy S6 sendiri hampir dapat dipastikan akan dirilis Samsung pada 1 Maret mendatang di Mobile World Congress 2015 yang akan digelar di Barcelona, Spanyol.d