Featured Video

Minggu, 19 April 2015

Edi/Gloria di Antara 9 Finalis Tiongkok

Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja

Sukses tembus final China Masters 2015, Edi Subaktiar/Gloria Emmanuelle Widjaja akan menantang unggulan pertama asal Tiongkok, Liu Cheng/Bao Yixin. Edi/Gloria menjadi satu-satunya finalis yang tidak berasal dari Tiongkok. Selebihnya, sembilan finalis dari lima sektor disapu bersih oleh pemain tuan rumah.


Ini akan menjadi pertemuan kedua bagi Edi/Gloria dan Liu/Bao. Sebelumnya di India Open 2015 lalu, Edi/Gloria terpaksa kalah dua gim langsung 13-21 dan 10-21 dari Liu/Bao. “Besok di final kami akan coba terus fight, walaupun mereka pasti lebih difavoritkan,” kata Edi.

“Dari awal sejak saya ikut turnamen ini saya bertekad untuk membuktikan, bahwa kami bisa memberikan yang terbaik. Pemain Tiongkok kan terkenal bagus, tapi saya ingin membuktikan kalau garuda bisa bertahan dan memberikan serangan di ‘kandang macan’. Kami berharap bisa membawa gelar dari sini,” tambah Edi lagi.

Menghadapi tiga pasangan Tiongkok sejak babak pertama, Edi/Gloria mengaku banyak mempelajari dan membuat catatan khusus. Keduanya pun kini bersiap untuk bertanding di partai puncak.

“Yang pasti hampir semua pemain Tiongkok punya tipe permainan yang sama. Mereka punya tempo yang cepat. Liu Cheng juga punya smash yang kencang. Tapi kami akan berusaha untuk menyerang pertahanan mereka terlebih dulu. Supaya mereka tidak punya banyak kesempatan menyerang,” jelas Edi. “Final besok kami akan menjaga kondisi, lebih konsentrasi dan lebih fokus,” tambah Gloria.

Sebelumnya di semifinal, Edi/Gloria menumbangkan pasangan Tiongkok, Wang Yilv/Tang Yuanting. Menghadapi Wang/Tang, Edi/Gloria menang dua game langsung 21-17 dan 23-21.

Di semifinal tadi kami lumayan kesulitan menghadapi mereka. Kami juga sempat lengah di angka 11 game kedua. Tapi kemudian kami mengejar satu-satu. Kami juga unggul duluan 20-19, tapi sempat kekejar juga. Kami berubah main defens. Tapi akhirnya kami bisa membalikkan permainan lagi,” kata Gloria.

JADWAL FINAL
Liu Cheng/Bao Yixin  [China/1]-Edi SUBAKTIAR/Gloria Emanuelle Widjaja  [Indonesia/3]
HUI Xirui [China]-HE Bing Jiao [China]
WANG Zhengming [China/1]-HUANG Yuxiang [China]
TANG Jinhua/ZHONG Qianxin [China]-BAO Yixin/Tang Yuanting [China/3]
WANG Yilv/Zhang Wen  [China/4]-LI Junhui/Liu Yuchen  [China/3]