Featured Video

Rabu, 22 April 2015

Ini Alasan Zenfone 2 Pakai RAM 4 GB

Oik Yusuf/Kompas.comPeluncuran Asus Zenfone 2 di Jakarta, Selasa (21/4/2015).
Soal kapasitas RAM, Zenfone 2 adalah juaranya. Seri smartphone terbaru dari Asus ini dibekali dengan RAM berkapasitas hingga 4 GB, melebihi ponsel-ponsel lain yang kebanyakan masih mentok di angka 3 GB.


"Zenfone 2 adalah smartphone pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan RAM sebesar 4 GB," ujar CEO Asus Jerry Shen ketika berbicara di panggung acara peluncuran Zenfone 2 di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Penyertaan RAM berkapasitas jumbo itu pun menurut Shen, bukannya tanpa alasan. Zenfone 2 disebutnya menawarkan kinerja multitasking mumpuni berkat hal ini. "Hingga 26 aplikasi bisa dijalankan secara bersamaan di latar belakang (background), multitasking pun bisa berlangsung mulus," imbuhnya.

Shen menjelaskan kapasitas RAM akan terpakai ketika pengguna ponsel membuka aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin sedikit pula ruang kosong yang tersedia di RAM. Saat RAM sudah penuh sesak, sistem operasi akan mulai mematikan program aktif untuk menghemat ruang di RAM.

Hal ini bakal menjadi masalah ketika program yang sudah dimatikan tadi coba dipanggil kembali oleh pengguna seperti yang lazimnya terjadi dalam skenario multitasking. Katakanlah, ketika hendak berpindah aplikasi dari browser ke pemutar musik.

Aplikasi yang sudah dimatikan terpaksa dipanggil kembali dari dalam storage, hal ini menyebabkan penurunan kinerja sehingga perpindahan aplikasi terasa tersendat.

"Belum lagi, proses pemanggilan kembali aplikasi dari dalam storageitu akan menyedot daya sehingga memboroskan baterai ponsel," lanjut Shen.

Dengan memakai RAM berkapasitas besar, Zenfone 2 mampu menampung lebih banyak aplikasi aktif sehingga menimalisir keharusan untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

Perlu ditambahkan bahwa hanya dua varian teratas Zenfone 2 yang dibekali RAM 4 GB, yakni ZE551ML dengan media penyimpanan 32 GB, dan ZE551ML dengan media penyimpanan 64 GB. Di pasaran Indonesia, kedua ponsel itu masing-masing dibanderol seharga Rp 4 juta dan Rp 4,5 juta.

Selain itu, ada varian lain dari ZE551ML dengan RAM 2GB yang dihargai Rp 3 juta. Varian terbawah bernama ZE550ML dengan harga Rp 2,7 juta.

Semua varian Zenfone 2 ditenagai prosesor 64-bit Intel Atom dan memiliki layar berukuran 5,5 inci. Pihak Asus menerangkan bahwa ponsel-ponsel Zenfone 2 bakal mulai tersedia di pasaran Indonesia pada pertengahan Mei mendatang.k