Featured Video

Minggu, 24 Mei 2015

Inikah Browser yang Jadi Alat Mata-mata?

IstUC Browser
Badan sandi negara AS, National Security Agency (NSA) diduga menggunakan aplikasi peramban UC Browser di Android untuk kegiatan mata-matanya.


Hal tersebut terungkap dari dokumen yang diungkap oleh whistle blower yang juga seorang mantan kontraktor CIA, Edward Snowden kepada The intercept dan CBC.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Kamis (21/5/2015), dokumen NSA tersebut mengatakan bahwa UC Browser selama ini membocorkan informasi tentang aktivitas penggunanya, dan mengirimkan informasi tersebut ke Tiongkok.

Sebagaimana diketahui, UC Browser adalah aplikasi peramban buatan UC Web, perusahaan yang dimiliki oleh raksasa teknologi Tiongkok, Alibaba. Di toko aplikasi Google Play Store, UC Browser telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Menurut analisa yang dilakukan firma Citizen Lab, informasi yang disadap NSA melalui UC Browser juga meliputi kata kunci pencarian yang dilakukan pengguna, nomor kartu SIM, serta ID unik perangkat.

Citizen Lab telah memberitahukan hal tersebut kepada Alibaba, dan perusahaan pengembang browser itu pun mengatakan telah memberikan update untuk UC Browser di awal bulan ini, untuk menambal celah keamanannya. Menurut Alibaba, kebocoran itu bukan disengaja.