Featured Video

Kamis, 11 Juni 2015

Taklukkan Singapura 1-0, Timnas U-23 Tantang Thailand di Semifinal

ROSLAN RAHMAN/AFP/Getty Images
Tim nasional Indonesia U-23 berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas Singapura di lanjutan Grup A SEA Games 2015. Kemenangan itu mengantarkan 'Garuda Muda' ke babak semifinal melawan Thailand.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Jalan Besar, Kamis (11/6/2015) malam WIB, laga berjalan keras dalam delapan menit pertama. Buktinya, sudah ada tiga kartu kuning. Dua untuk timnas U-23, satu untuk Singapura.

Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Agung Prasetyo pemain timnas U-23 yang di kartu kuning. Sementara itu, Sheikh Abdul Hadi Othman pemain Singapura yang dikartu kuning.

Adam Alis melakukan percobaan di menit 18. Tapi, sepakan jarak jauhnya masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Singapura Muhammasd Syazwan Buhari.

Evan Dimas Darmono gagal memanfaatkan peluang emas di menit 24. Dia gagal menyambut umpan dari dalam kotak penalti hasil sapuan Buhari yang tak sempurna.

Ahmad Noviandani nyaris menjebol gawang Singapura di menit 34. Dia melakukan kerja sama satu-dua dengan Evan Dimas, sebelum melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang masih bisa ditepis Buhari.

Hingga turun minum, kedua kesebelasan belum mencetak gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Timnas U-23 tinggal butuh tambahan satu angka untuk lolos ke semifinal berhadapan dengan Thailand.

Dua menit setelah turun minum, timnas U-23 berhasil mencetak gol. Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol itu lewat satu sepakan keras dari dalam kotak penalti, meneruskan umpan Muchlis dari sisi kanan kotak penalti Singapura.

Singapura mengancam lewat sundulan kepala Muhammad Sahil Suhaimi pada menit 51. Belum berbuah gol, sundulan pemain nomor punggung tujuh itu masih melayang.

Singapura mengancam lagi di menit 59. Tapi, sundulan Irfan Fandi Ahmad juga masih belum menemui bidang.

Syaiful Indra Cahya memaksa Buhari beribaku untuk mengamankan gawang Singapura. Sepakan bebas Syaifiul bisa ditepis.

Dani mengancam di menit 62. Tapi, Buhari bisa kembali menepis bola hingga cuma berbuah tendangan sudut untuk Indonesia.

Singapura harus bermain dengan 10 pemain pada menit 65. Wai Loon Ho menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Evan Dimas.

Adam gagal memanfaatkan umpan silang dari Syaiful pada menit 66. Sepakan Adam masih sedikit di atas mistar gawang.

Adam lagi-lagi melakukan percobaan tendangan jarak jauh pada menit 83. Buhari masih sigap hingga mampu menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Di sisa pertandingan tidak ada lagi gol tambahan, timnas U-23 pun menang dengan skor tipis 1-0. Tambahan tiga angka ini membuat tim besutan Aji Santoso itu mengamankan posisi runner up Grup A dengan raihan sembilan angka.

Timnas U-23 akan berhadapan dengan Thailand di babak semifinal yang akan berlangsung di National Stadium, Singapura, pada 13 Juni mendatang.

Susunan Pemain:

Timnas U-23: Teguh; Syaiful, Agung, Manahati, Abduh; Dani, Paulo, Evan, Zulfiandi, Adam; Muchlis

Singapura: Buhari,Kumar, Wai Loon, Othman, Abdul Rahman, Swandi, Samion, Guanasagaran, Yong Woo, Sulaiman, Suhaimi.