Featured Video

Senin, 20 Juli 2015

Hasil Uji Game di Empat Smartphone Terkencang

AppleiPhone 6 dan iPhone 6 Plus
iPhone 6, Galaxy S6, HTC One M9, dan Nexus 6 bisa dibilang merupakan empat smartphone seri teratas yang menjadi andalan dari produsen masing-masing.

Mana di antara mereka yang paling mumpuni ketika diajak bermain game? Inilah yang coba dicari jawabannya oleh pembuat softwarebenchmarking GameBench.

Dalam laporannya yang dirangkum dari IB Times, GameBench menjalankan 10 judul game mobile populer yang rakus sumberdaya di keempat ponsel, termasuk GTA: San Andreas, Monument Valley, dan Marvel: Contest of Champions.

Kinerja ponsel diukur dari nilai frame per detik (FPS) median dan minimum dari aneka game yang dijalankan. Stabilitas FPS juga diikutkan dalam penilaian. Hasilnya, iPhone 6 besutan Apple tampil di urutan teratas.

"iPhone 6 secara rata-rata menghasilkan nilai lebih tinggi sebesar 10 persen saat menjalankan kesepuluh game high end yang diujikan," sebut GameBench dalam laporannya.

"Galaxy S6 tampuil di urutan kedua, dengan lebih banyak bottleneckkinerja yang menyebabkanframerate turun ke angka 30 FPS," lanjut perusahaan itu. Adapun posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh HTC One M9 dan Nexus 6.
gamebench.netRangkuman hasil pengujian game dengan empat smartphone high-end yang dilakukan oleh GameBench
Meski iPhone 6 berhasil menyabet gelar juara pertama, GameBench menambahkan catatan bahwa beberapa game memang lebih dioptimalkan untuk satu platform dibanding yang lain (misalnya iOS, ketimbang Android).

iPhone 6 juga menjalankan game dengan resolusi yang lebih kecil dibandingkan ponsel Android (720p, berbanding 1080p pada Android) sehingga beban pemrosesannya lebih kecil. Resolusi layar perangkat yang bersangkutan memang lebih rendah dibanding kebanyakan smartphone Android high-end saat ini.

Perbedaan-perbedaan itulah yang menurut GameBench berkontribusi pada tingginya nilai iPhone 6. Ke depan, GameBench berniat menjalankan pengujian pada iPhone 6 Plus yang memiliki standar resolusi layar lebih dekat dengan  Android.