Featured Video

Selasa, 01 September 2015

Bikin Film Indie Cukup Lewat Ponsel, Ini Triknya!

ShutterstockSekarang ini siapa saja bisa membuat film.
Sekarang ini tidak hanya sutradara atau produser profesional yang bisa membuat film. Perkembangan teknologi membuat pekerjaan satu ini mampu dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Ya, Anda dan ponsel pintar Anda!

Kesempatan itu semakin terbuka, terutama setelah bermunculannya bermacam festival film independen, seperti Festival Film Independen Indonesia, dan Europe on Screen Short Film Competition, yang memancing semangat berkarya. Terlebih, festival semacam itu tak memiliki persyaratan rumit. Bahkan, peserta boleh menggunakan ponsel untuk membuat filmnya.
Nah, jika tertarik untuk memasuki dunia perfilman, berikut beberapa teknik yang bisa diikuti untuk menggarap film sendiri dari ponsel pintar Anda:
Kualitas video
Zaman sekarang beragam ponsel menawarkan kualitas rekaman video yang baik. Untuk menghasilkan video dengan hasil gambar maksimal, perhatikan aspek ratio dan resolusi gambar yang dimiliki kamera.
Salah satu contoh, jika format video ponsel yang Anda HD 1080p, artinya video akan memiliki 1920 x 1080 aspek ratio dengan resolusi gambar 1,073,600 piksel per frame. Kategori ini memiliki kualitas serupa kamera film yang dapat menangkap gambar dengan jernih.
Ingat, semakin besar piksel pada kamera, maka akan menghasilkan kerapatan gambar yang lebih baik pula.
Teknik pengambilan gambar
Cara merekam lewat ponsel bisa dibilang cukup sederhana. Anda hanya perlu kreatifitas lebih dalam mendapatkan angle terbaik. Ketika mulai syuting, usahakan ponsel dalam kondisi stabil agar pergerakan gambar tidak terlihat kasar.
ShutterstockZaman sekarang beragam ponsel menawarkan kualitas rekaman video yang baik.
Hindari pengunaan digital zoomuntuk penyorotan jarak dekat karena akan mengurangi kualitas video. Ada baiknya Anda berjalan perlahan ke arah subjek.
Jangan lupa, bawa juga perlengkapan tambahan seperti lampu LED atau tripod jika dibutuhkan. Ini adalah langkah antisipasi saat Anda harus mengambil gambar di tempat bercahaya minim atau medan menantang.
Proses editing
Setelah proses pengambilan gambar selesai, Anda akan masuk pada masa purna-produksi atau editing. Di sini rangkaian video terpisah akan disatukan dan diberikan efek-efek yang membuat sebuah film sempurna.
Beragam aplikasi ponsel yang menawarkan macam-macam fungsi editing video bisa ditemukan dengan mudah dan langsung di-install pada ponsel. Mulai daritrimmingtransitionfilteringsampai mixing video dapat langsung dilakukan sesuai kapasitas prosesor dan besar RAM. Semakin besar kemampuannya, proses purna-produksi Anda tidak akan tersendat.
Saat ini, jika Anda memilih Samsung Galaxy Note 5, semua fasilitas tersebut dapat Anda temukan. Dengan kamera utama 16 megapiksel, ponsel ini memiliki kemampuan video 4K 2160p@30fps dan Full HD 1080p@60fps.
Fitur Steady Video dengan kemampuan Video Digital Image Stabilization pada ponsel akan membantu Anda untuk mendapatkan gambar stabil. Anda juga bisa melakukan proses purna-produksi, seperti membuat kolase dan penambahan efek, tanpa harus mengunduh aplikasi.
Kok bisa? Tentu saja, karena RAM 4 GB dan prosesor Quad-core yang dibawanya memberikan kecepatan ponsel selama proses rekaman film dan editing.K