Featured Video

Kamis, 10 Maret 2016

Lorenzo Dominan Jelang Race Perdana MotoGP 2016

Jorge Lorenzo

Musim baru MotoGP segera bergulir pada 20 Maret 2016 mendatang, hal ini bersamaan dengan race pertama Formula One. Kali ini lintasan pertama bakal dimulai di Sirkuit Losail Qatar. Balapan malam ini menjadi saksi siapa yang paling hebat dalam menjajal MotoGP yang membawa regulasi baru tersebut.

Seperti diketahui pada ulasan sebelumnya, MotoGP musim ini bakal berbeda lantaran para pembalap akan memakai ban Michellin. Tak hanya itu, peranti elektronik motor juga hanya satu merek, yakni Magnetti Marelli.
Selain regulasi, ada tim 'kuda hitam' yaitu Suzuki yang bisa menyeruak di persaingan podium. Dua pembalap Suzuki, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro siap merusak dominasi Honda dan Yamaha di persaingan rebut podium.

Tes pramusim di Sirkuit Losail jadi yang terakhir jelang balapan sesungguhnya. Selama tiga hari sejak Rabu, (2/3) pekan lalu, semua pembalap masih mencari pengaturan yang dirasa pas untuk motor tunggangannya menjelang berjibaku di race pertama.

Sejauh ini, dari tiga kali tes yang sudah dilakukan tim MotoGP sejak tes di Sepang 1-3 Februari lalu, Jorge Lorenzo menujukan hasil yang positif. Waktu terbaik yang ditorehnya adalah saat melintas di trek Losail dengan mencatat waktu terbaik 1 menit 54.810 detik.

Rider asal Yamaha Movistar tersebut mengungguli Scott Redding, dan Maverick Vinales yang menempati posisi dua serta tiga. Sedangkan rivalnya dari tim Repsol Honda, Marc Marquez berada di posisi keempat setelah berhasil memperbaiki catatan waktunya di akhir sesi dengan menempuh 1 mneit 55.402 deik.
Marquez mengangkangi Valentino Rossi yang harus puas berada di tempat ke lima dengan torehan satu menit 55.429 detik di mana keduanya sempat terjatuh di lintasan.

Namun seperti yang diserukan Lorenzo sejak tes di Phillip Island Australia lalu, balapan musim ini bakal lebih ketat. "Ada tantangan berbeda di setiap sirkuit yang berbeda. Mungkin MotoGP di Qatar nanti bakal berbeda dibandingkan tiga atau lima musim terakhir," kata pebalap asal negeri Matador tersebut.

Juara MotoGP 2015 itu tidak menjadikan Valentino Rossi sebagai ancaman terbesarnya di musim ini. Bahkan dirinya mencoret nama he Doctor dari peta persaingan perburan gelar MotoGP musim ini.