Featured Video

Minggu, 03 April 2016

Barca 1-realmadrid 2


Real Madrid berhasil membalaskan dendam sekaligus mempermalukan FC Barcelona pada duel panas berlabel el clasico di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016) atau Minggu dini hari WIB. Tim berjulukan Los Blancos ini menang 2-1.

Pada pertemuan putaran pertama musim ini, 21 November 2015, Real Madrid tak berkutik di hadapan pendukungnya. Menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, tim berjulukan Los Blancos ini menyerah dengan skor mencolok 0-4.

Laga ini pun diwarnai kartu merah yang diterima bek Real Madrid, Sergio Ramos, tujuh menit menjelang pertandingan usai. Tetapi, kemenangan Real Madrid yang ditentukan oleh Cristiano Ronaldo, justru terjadi saat mereka bermain dengan 10 orang, tepatnya tiga menit setelah Ramos keluar.

Tambahan tiga poin ini tak mengubah posisi Real Madrid di klasemen sementara. Dengan raihan 69 poin, tim ibukota Spanyol tersebut tetap berada di urutan ketiga. Tetapi mereka bisa memangkas jarak dengan Barcelona di puncak dengan koleksi 76 poin, sekaligus menghentikan rekor tak terkalahkan sang rival dalam 39 pertandingan pada semua kompetisi.

Hasil ini pun tetap menjaga asa Real Madrid bersaing memperebutkan gelar La Liga, meskipun peluangnya terbilang tipis. Dengan sisa tujuh pertandingan, bukan mustahil pasukan Zinedine Zidane terus menggerus jaraknya dengan Barcelona serta rival sekota, Atletico Madrid, yang kini hanya tertinggal enam angka dari sang pemuncak klasemen.

Barca mengambil kendali permainan sejak peluit kick-off berbunyi. Berdasarkan statistik Sport Radar, tuan rumah menguasai bola sebanyak 56 persen dan melakukan 11 tembakan ke arah gawang berbanding 9 milik tamu.

Peluang emas pun langsung hadir pada menit ke-10, ketika Neymar menyisir sisi kiri pertahanan Real Madrid dan melepaskan umpan datar. Sayang, Luis Suarez tidak bisa membuat gol meskipun dia tak terkawal dan berada di mulut gawang. Sambaran Suarez tak sempurna, sehingga bola melenceng ke sisi kanan gawang Keylor Navas.

Pada menit ke-24, Lionel Messi melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan. Sergio Ramos berusaha menutup dan membuat striker asal Argentian itu jatuh tetapi wasit bergeming. Ini membuat pelatih Luis Enrique berteriak dari pinggir lapangan sebagai ungkapan kekesalan lantaran tak diberikan hukuman penalti.

Selanjutnya, tak ada peluang bagus meskipun Barcelona lebih banyak memegang bola. Alhasil, paruh pertama berakhir imbang tanpa gol. Ini untuk pertama kalinya tak terjadi gol pada 45 menit pertama el clasico sejak November 2002.

Pada babak kedua, Barcelona membuka keunggulan pada menit ke-56. Gerard Pique menjebol gawang Navas lewat sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok Ivan Rakitic. Pique dengan jeli melepaskan diri dari kawalan Pepe, sehingga bisa menyambut si kulit bundar dengan kepala dan mengarahkannya ke pojok kiri bawah gawang Los Blancos.

Bagi Pique, gol tersebut adalah yang kedua saat el clasico. Sebelumnya, dia juga ikut mengoyak jaring rival abadi Barcelona itu ketika mereka berpesta gol 6-2 di Santiago Bernabeu pada ajang La Liga, 2 Mei 2009.

Namun keunggulan Barcelona tak bertahan lama. Pada menit ke-62 Real Madrid bisa menyamakan kedudukan melalui gol cantik Karim Benzema. Setelah menerima umpan Marcelo, Toni Kroos mengirim umpan ke mulut gawang. Bola sempat mengenai Jordi Alba dan disambut dengan tendangan salto Benzema untuk mengoyak jala Claudio Bravo. Benzema pun mengakhiri paceklik gol dalam el clasico di semua kompetisi sejak Januari 2012.

Setelah itu, Real Madrid lebih banyak mengendalikan permainan. Bahkan Bale sempat mencetak gol pada menit ke-81 melalui sundulan menyambut umpan Cristiano Ronaldo, tetapi wasit menganulirnya karena pemain termahal dunia asal Wales itu dinyatakan lebih dulu melanggar Jordi Alba.

Di tengah usaha untuk membuat gol kemenangan, Real Madrid justru harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-83 lantaran Sergio Ramos terkena kartu merah akibat pelanggaran keras terhadap Luis Suarez. Dari belakang Ramos menerjang striker asal Uruguay itu.

Namun di luar dugaan, Real Madrid justru bisa mencetak gol kedua pada menit ke-85. Ronaldo dengan sempurna memanfaatkan umpan silang Bale dari sayap kanan. Setelah melakukan kontrol dengan dadanya untuk mengecoh bek lawan, Ronaldo melepaskan tendangan datar dengan kaki kanan untuk membawa Real Madrid unggul 2-1. Skor bertahan hingga laga usai.
Barcelona vs Real Madrid: 1-2 (Gerard Pique 56'; Karim Benzema 63', Cristiano Ronaldo 85')
Susunan pemain

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo; Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba; Ivan Rakitic (Arda Turan 74'), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar.
Pelatih: Luis Enrique

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos, Pepe, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale (Lucas Vázquez 90'), Karim Benzema (Jese Rodriguez 78'), Cristiano Ronaldo.
Pelatih: Zinedine Zidane