Featured Video

Jumat, 21 Oktober 2016

1.067 Pendekar dari 10 Negara ‘Basilek’ di GOR Semen Padang


Pesilat dari 10 negara bakal “basilek” di iven bertajuk Festival International Pencak Silat 2016 di GOR Semen Padang. Iven yang mengangkat motto “Manatiang Pusako Lamo, Melestarikan Silat Tradisi Minangkabau itu di ikuti sebanyak 1.067 pendekar.

Iven itu resmi dibuka Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pada Kamis (20/10) siang dan akan berlangsung hingga 23 Oktober.
Nasrul Abit mengatakan bahwa silat merupakan budaya orang Minang. Jadi iven ini sejatinya bukanlah pertandingan melainkan wadah berbagi ilmu dan pengalaman.
Walikota Padang Mahyeldi memuji keberhasilan panitia mengumpulkan peserta dari negara lain dan juga para guru silat yang juga merupakan ninik mamak.
Sebanyak 10 negara yang ikut ambil bagian itu Malaysia, Korea Selatan, Madagaskar, Timor Leste, Jepang, Singapura, Lithuania, Fiji, Polandia, dan Italia.
“Festival ini bertujuan untuk menyemaikan kembali semangat silat kepada seluruh anak muda Sumbar, sehingga beberapa tahun kedepan seluruh warga akan bisa bersilat dan menjadi bagian.