Featured Video

Jumat, 21 Oktober 2016

Ini Kata Rossi Setelah Posisinya di Latihan Pertama Melorot



Valentino Rossi dianggap menyalahi aturan dan posisinya dalam latihan bebas pertama MotoGP Australia pun melorot. Apa kata pebalap Yamaha itu terkait hal ini?


Seperti diberitakan sebelumnya, posisi Rossi dalam latihan bebas pertama melorot dari posisi kedua ke posisi 20. Pasalnya, catatan waktu Rossi selama 11 lap dalam latihan tersebut dihapus.

(Baca juga: Rossi Langgar Aturan, Posisinya di Latihan Bebas Pertama Melorot)

Rossi dinilai telah melanggar aturan terkait pemakaian ban depan basah supersoft. Dengan alasan keselamatan, Michelin hanya memperbolehkan ban tersebut dipakai maksimal selama 10 lap, tapi Rossi menggunakannya dalam 11 putaran. Alhasil, catatan waktunya selama 11 lap itu dianggap tidak ada.

Sebelum turun ke lintasan, Rossi telah diberi tahu adanya aturan itu. Tapi, rupanya ada salah pengertian.

"Saya mencatat waktu yang sangat bagus, tapi sayangnya mereka menghapus catatan waktu saya. Saya ingin memakai ban supersoft di depan karena saya tahu ban itu. Saya pikir itu ban yang pas untuk hari ini karena temperaturnya cuma 10 derajat," jelas Rossi seperti dikutip dari Crash.net.

"Mereka bilang ke saya, 'Anda bisa melakukan maksimal sepuluh putaran'. Dan saya melakukan sembilan putaran. Masalahnya adalah mereka juga menghitung out-lap (putaran pertama setelah keluar dari pit) dan in-lap (putaran terakhir sebelum kembali ke pit). Jadi, jumlahnya menjadi 11 dan mereka menghapus semua catatan waktu saya. Sekarang saya di posisi kedua dari belakang," kata Rossi.

Rossi kini harus bekerja keras untuk mendapatkan catatan waktu yang bagus di sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (22/10) besok. Padahal, cuaca di Phillip Island sedang tak menentu.

Jika tak bisa menembus sepuluh besar setelah latihan bebas ketiga, Rossi tak bisa langsung tampil di Q2 dalam sesi kualifikasi dan harus memulai dari Q1.

"Ini sangat disayangkan karena posisi 20 bisa buruk untuk besok pagi. Kalau saya tidak bisa memperbaiki catatan waktu saya, saya harus memulai dari Q1," ujar Rossi.

"Jadi, kami berharap cuaca sedikit lebih baik," katanya.

Karena hujan lebat dan cuaca buruk, latihan bebas kedua di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016), dibatalkan. Demi memberi pebalap waktu yang lebih lama di atas trek, waktu latihan bebas ketiga, Sabtu (22/10) besok, dimajukan dan durasinya diperpanjang 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar