Featured Video

Kamis, 20 Oktober 2016

Yamaha tak Izinkan Lorenzo Tes Dua Kali di Ducati


Tim Yamaha mengumumkan bahwa Jorge Lorenzo hanya diizinkan satu kali latihan bersama tim barunya, Ducati di Valencia. Semua pabrikan MotoGP berencana melakukan tes privat akhir November di Jerez (Ducati) dan Sepang (Yamaha).

Meski kontrak berakhir Desember, Lorenzo tetap tak diizinkan mengikuti tes dua kali bersama Ducati. Hal serupa juga diterapkan Honda pada Valentino Rossi saat kembali pada Yamaha 2003 lalu.
"Kami pikir lebih baik Lorenzo berkonsentrasi pada tes pertama di Valencia (bersama Ducati). Dalam kontrak, pembalap Yamaha tak diizinkan menguji pabrikan lain selama masih berada di bawah kontrak Yamaha," kata Direktur Yamaha Racing, Lin Jarvis, dilansir dari Crash, Kamis (20/10).
MotoGP, kata Jarvis bukan sekadar olah raga, namun juga bisnis. Yamaha tak berdiri sendiri, melainkan juga mempertimbangkan sponsor dan mitra lainnya. Yamaha juga sudah menghabiskan banyak uang untuk mengontrak pembalap.
"Mereka (pembalap) harus finis bersama kami sampai balapan terakhir. Kami sudah mengizinkan Jorge mengkuti dua hari tes bersama Ducati di Valencia. Kami pikir itu sudah cukup," kata Jarvis.
Jarvis mengatakan pembalap Yamaha harus menghormati kontrak. Rossi dulu juga tak diizinkan Honda mengikuti latihan dua kali bersama Yamaha. 
"Jorge dalam konferensi pers ingin mengikuti tes (di Valencia dan Jerez) karena ingin cepat bersama Ducati. Tapi, tahun depan dia akan menjadi pesaing utama kami. Jadi, keinginan kami dan keinginannya jelas berbeda. Keinginan kami tahun depan adalah memenangkan kejuaraan dan saya yakin misi Ducati juga sama," katanya.R