Featured Video

Selasa, 12 Juli 2011

Rancak Mangadu Ka Singgalang

Sijunjung, Singgalang
Pemberitaan bertubi soal anak-anak miskin yang diterima kuliah, telah menjadi perhatian pembaca suratkabar ini. 
Senin (11/7) wartawan Singgalang di Muaro, naik travel dari Padang ke Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung.

Secara kebetulan di samping kiri saya duduk seorang ibuk yang juga dari Padang dengan tujuan Kota Solok.
Saat travel yang kami tumpangi antri mengisi bahan bakar pada sebuah SPBU di Indarung, ibuk yang kira-kira berusia 40 tahun dan berkacamata, mengeluarkan koran Singgalang dari dalam tas jinjingnya.
Batin saya berbisik sang ibuk ingin menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan saat travel antri menunggu giliran pengisihan bahan bakar, dengan membaca dan membolak balik koran.
Bisikan batin saya ternyata benar. Setelah halaman satu ditatap dan dibaca judul beritanya, ibuk berjilbab ini membalik halaman dua, tiga dan sampai ke halaman lima.Pada halaman lima mata si ibuk menatap berita di pojok kanan dengan judul “Diberitakan Singgalang, Anggun pun Kuliah.”
“Itu berita saya lho buk,” kata batin si wartawan.
Ternyata sang ibuk tidak hanya sekadar melihat judulnya, tapi isi berita dibaca sampai habis.
Selesai membaca, sambil memegang koran si ibuk menghadap dan berkata kepada Singgalang yang berada di dekatnya: Pak. Ambo baco, satiok anak miskin nan terkendala jo dana untuak masuak kuliah, bilo diberitakan dek Singgalang, banyak nan mandapek bantuan dari pambaco. Sarupo anak Sijunjuangko, nan dibutuhkan untuak masuak kuliah hanyo Rp2.750.000. Tapi inyo dapek bantuan Rp6.850.000 dan pamondokan gratis salamo kuliah. Baitulo anak Payokumbuah dan bukiktinggi nan diberitakan Singgalang babarapo hari lalu, hampia sadonyo dapek bantuan dari pambaco.
Karano banyak mandapek bantuan sahinggo anak miskin tu lancar masuak kuliah, bantuaknyo labiah rancak mangadu ka Singgalang dari pado ka pamarintah.
Mangadu ka pamarintah, disampiang bantuan saketek, dek administrasi dan birokrasi sabalik pinggang, kaluanyo lamolo. Sadangkan mangadu ka Singgalang, hari itu berita kalua, hari itu langsuang dapek bantuan. Banyaklo tu.
Ah, kan iyo rancak mangadu ka Singgalang dari pado ka pamarintah dek apak du?” kata sang ibuk meyakinkan Singgalang.. 
“Kok baitu ntu iyo buk”, kata si wartawan tanpa berkomentar panjang.
Setelah direnungkan, agaknya pendapat dan apa yang dikatakan si ibuk memang ada benarnya, karena memang demikian adanya.
Hanya saja di balik benar atau tidaknya pendapat sang ibuk, dari lubuk hati yang paling dalam Singgalang mohon maaf kepada sang ibuk si pembaca koran, karena saat itu tidak berlaku jujur kepadanya.
Si wartawan tidak mengatakan, dia salah seorang wartawan dari Singgalang yang dia baca. Juga tidak mengatakan berita yang dia baca hasil karya si wartawan itu sendiri. (nasrul rasyad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar