Featured Video

Minggu, 12 Februari 2012

250 siswa SD belajar di Universitas Indonesia





Depok - Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD) Jakarta, mengundang 250 siswa-siswi Sekolah Dasar dari 50 SD se-Jabodetabek untuk mengikuti program Kinder Uni (pengenalan sains untuk sekolah dasar) oleh para professor dan guru besar dari UI selama satu Bulan. 


"Program Kinder Uni yang dimulai pada tahun 2002 di Universitas Tubingen, Jerman, merupakan program kuliah dari professor untuk anak-anak," kata Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rahmawati, di Depok, Jumat.

Ia mengatakan setiap sekolah mengirimkan 4 siswanya untuk menjadi peserta. Kehadiran mereka didampingi oleh guru dari tiap sekolah dan para orang tua. 

Beberapa sekolah yang mengirimkan siswanya SD BPK Penabur, SD High Scope, SDN Depok, SD Beji 4 Depok, Regina Pacis, Santa Ursula, Daarul Quran Internasional, SDN Gunung Gede, SDN Dewi Sartika, SDN Kebun Jeruk, SDIT Bina Insan Kamil, dan lain-lain.

Menurut dia kegiatan yang berlangsung setiap Sabtu ini, para professor diuji kemampuannya untuk memaparkan konsep sains secara sederhana yang dapat dipahami dengan mudah oleh para siswa kelas 4-6 SD tersebut.

Tema yang akan dibawakan antara lain Mengapa terjadi Gempa, Apa itu Uang dan Peranannya, Tantangan Masa Depan Umat Manusia, Mengapa kita perlu makan dan minum, Daerah Aliran Sungai, dan sebagainya. 

"Kegiatan dikemas semenarik mungkin, sehingga anak-anak akan terpancing untuk aktif mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik yang diberikan," ujarnya. 

Adapun para ilmuwan yang akan menjadi pengajar Kinder Uni di UI diantaranya Lepi Tamidi (FE UI), Asmarinah (FK-UI), Gumilar Rusliwa Somantri (FISIP UI), Hengky Ashadi (FT UI), Emil Budianto (FMIPA UI), dan para ilmuwan lainnya.

Menurut dia dengan adanya gambaran profesi baru bahwa menjadi professor atau ilmuwan adalah sebuah pekerjaan yang mulia dan menarik, semoga kelak, para generasi muda Indonesia, banyak yang ingin menempuh karir sebagai guru besar, untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan dan pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.(F006)
Editor: Desy Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar