Featured Video

Rabu, 22 Februari 2012

Indonesia Gelar Superbike, Balapan Diplot di Awal atau Akhir Musim



Getty Images
Jakarta - Indonesia dipastikan kembali menggelar balapan World Superbike (WSBK) pada tahun 2013 mendatang. Belum ada tanggal pasti, tapi Indonesia kemungkinan akan menjadi seri pertama atau penutup.

Setelah jeda 15 tahun, Indonesia kini resmi kembali masuk ke dalam kalendar FIM Superbike World Championship sedari musim 2013 mendatang.

Acara penandatanganan kontrak antara FIM dengan Indonesia sendiri sudah ditandatangani pekan lalu di Jakarta, dengan melibatkan Maurizio Flammini selaku President of Infront Motor Sports, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat HR Agung Laksono, dan Tinton Soeprapto selaku pengelola sirkuit Sentul yang menjadi tempat balapan nanti.

Sekembalinya dari penandatanganan tersebut, Flammini mengonfirmasikan masuknya Indonesia ke dalam kalendar balap Superbike pada 2013 mendatang.

"Setelah Rusia, di mana Superbike kini sudah tiba sebelum kejuaraan dunia motorsport lainnya, berkat usaha intens selama lebih dari dua tahun di kawasan Asia, kini kami juga bisa mengikutsertakan Indonesia, yang di masa lalu juga sudah pernah menggelar balapan yang cukup menarik dan sukses," ujar Flammini di situs resmi WSBK, Rabu (22/2/2012).

Selain Indonesia, ungkap Flammini, pihaknya juga tengah bernegosiasi dengan Sirkuit Internasional Buddh di India guna menambah seri balapan lain di Asia. Sebagai catatan, dari 14 seri balapan Superbike musim 2012 tak ada balapan yang digelar di kawasan Asia.

Sementara tanggal balapan Superbike di Indonesia disebut situs resmi WSBK akan segera ditentukan. Dua kemungkinan kuat yang sedang dipertimbangkan saat ini adalah di awal musim, berdekatan dengan seri di Australia, atau sebaliknya menjadi seri penutup musim 2013.

Pada tahun 2007 lalu, Indonesia juga sempat kembali masuk kalendar Superbike untuk musim 2008. Tetapi pada prosesnya FIM mencoret balapan yang sejatinya digelar di Sentul tersebut.



( krs / a2s ) http://sport.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar