Featured Video

Kamis, 02 Februari 2012

Ini Kisah Aneh Gadis Kembar Asal Indonesia yang Diadopsi


Ini Kisah Aneh Gadis Kembar Asal Indonesia yang Diadopsi
Yahoo! News
Lin Backman (kiri) dan Emilie Falk (kanan) di rumah Falk di Helsingborg, Swedia, 29 Januari lalu. 

Dua bayi kembar yang lahir di Indonesia kembali bertemu setelah 29 tahun silam dan ternyata hanya tinggal berjarak 40 kilometer di sebelah selatan Swedia. Demikian dilansir AFP, Kamis (2/2/2012).

Kembar tak identik ini bernama Emilie Falk and Lin Backman tidak saling kenal dan baru tahu jati diri masing-masing pada tahun lalu. Berdasarkan tes DNA, 99,98 perse dipastikan jika mereka bersaudara.
Keduanya diadopsi pasangan asal Swedia namun tak ada pernyataan apapun dalam dokumen jika mereka memiliki saudara kembar. Saat orangtua Backman meninggalkan panti asuhan, sopir taksi memberikan pertanyaan yang mengejutkan.
"Bagaimana dengan gadis yang satunya," demikian tanya sang sopir taksi. Pasangan ini kemudian mendapatkan namanya.
Hal ini menolong orangtua Backman melacak jejak bayi yang satunya diadopsi keluarga Falks dan kedua keluarga ini bertemu untuk mencocokkan data-data. "Orangtua kami melihat surat-surat adopsi dan mereka tidak berpikir untuk melihat kecocokan dan ada banyak data yang saling bertolak belakang," jelas Falk.
Di antara perbedaan itu hal lain adalah nama ayah kandung mereka. Meski catatan menunjukkan mereka memiliki nama ibu yang sama namun kedua keluarga ini memutuskan jika ini hanya sebuah kesalahan. Tak berapa lama kedua keluarga ini kehilangan kontak.
Meski kedua orangtua mereka mengatakan cerita itu baik Falk maupun Backman kemudian melupakannya. "Tetapi ketika menikah dua tahun silam saya kemudian memikirkan tentang keluarga dan saat bertanya ke ibu saya, ia kemudian menceritakan kisah yang lama dan kemudian berusaha mencari tahu Lin," kata Falk.
Ia memiliki nama itu dan kemudian mencari melalui sebuah jaringan yang memantau anak-anak Indonesia yang diadopsi keluarga Swedia dan malah menemukannya di Facebook.
"Saya lahir pada 18 Maret 1983 di Semarang dan ibu kandung saya bernama Maryati Rajiman," demikian tulis Falk dan kemudian mendapatkan respon cepat. "Wow, itu nama ibu saya dan itu tanggal lahir saya," balasnya.
Ini hal aneh yang terjadi sepanjang hidup mereka. Keduanya hanya tinggal berjarak 40 kilometer satu sama lain, berprofesi sebagai guru, mereka menikah pada hari yang sama meski berbeda hanya setahun serta menari di pesta pernikahan dengan lagu You and Me milik Lifehouse.
"Ini sungguh aneh," kata Falk. Ia menambahkan jika mereka kemudian saling kontak dan bermaksud mencari ayah kandung mereka.
Ada beberapa detail namun saling berkontradiksi dalam surat adopsi termasuk referensi mengenai ayah kandung mereka yang bekerja sebagai pengemudi taksi. "Kami sangat penasaran jika ia adalah sopir taksi yang mengantar orangtua angkat kami," ujarnya.

Penulis: Widiyabuana Andarias  |  http://www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar