Featured Video

Rabu, 08 Februari 2012

PISANG BERBUAH DUA KALI


Pepatah ‘pisang tak mungkin berbuah dua kali’ tampaknya perlu dipertanyakan. Pasalnya, sebatang pohon pisang yang telah ditebang oleh pemiliknya, kini berbuah kembali tanpa batang dan tanpa daun. Ibarat pisang normal, tandan buah pisang itu berbuah dengan memiliki jantung pisang pada bagian ujungnya.

Tumbuhnya pisang aneh itu terjadi di kawasan Piai Nan XX Kelurahan Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Ditemukannya pisang aneh itu juga sempat menggemparkan warga sekitar.
Tak heran jika beberapa hari belakangan ini,  pisang aneh itu dikerubungi warga lainnya yang ingin melihat lebih dekat lagi.
Tandan pisang itu sendiri muncul pada bagian batang pisang yang ditebang. Sedikit aneh, karena biasanya akan muncul tunas atau anak batang pisang setelah dite­bang. Tapi yang ini, tanpa batang, tanpa daun, tiba-tiba muncul setandan buah pisang dari batang pohon yang telah membusuk.
Tandan pisang itu me­miliki panjang sekitar sete­ngah meter. Pisang aneh itu tumbuh di kebun pisang dekat sebuah rumah kosong, setinggi pinggang anak-anak. Dari keterangan warga sekitar, pemilik pisang aneh itu ada­lah Rudi (45), warga sekitar yang rumahnya berjarak se­kitar 30 meter dari kebun pisang. Namun sayangnya, pemilik pisang itu tidak berada di rumah disaat Ha­luan mendatangi lokasi ter­sebut.
Dari penuturan Deni yang juga salahseorang warga sekitar, batang pisang itu telah ditebang oleh pe­milik­nya sekitar tiga bulan lalu. Pisang itu diketahui berbuah kembali beberapa hari lalu oleh sejumlah warga setempat yang tidak sengaja meli­hat­nya.
“Pisang aneh itu baru diketahui sekitar tiga hari lalu. Pemilik pisang itu juga merasa heran dan tak me­nyangka akan terjadi seperti ini. Rencananya, pisang aneh itu akan dirawat dan tidak akan ditebang oleh pe­miliknya,” ujar Deni kepada Haluan, Selasa (7/2).
Menurut Deni, semenjak ditemukan pisang aneh itu, tempat itu selalu dikerubungi warga. Tidak hanya warga sekitar, tapi warga lainnya juga ada yang berbondong-bondong untuk melihat pisang aneh itu.
Tumbuhnya pisang aneh itu bukan kali pertama dite­mukan di Kota Padang. Beberapa pekan lalu, warga Belanti Lolong Padang juga dihebohkan atas tumbuhnya tandan buah pisang setinggi dua meter, dan memiliki ratusan buah pisang. Bahkan buah pisang setinggi kepala orang dewasa itu menjulai hingga menginjak tanah.
Pohon pisang berbuah dua kali juga terjadi di Jorong Jorong Kota Ranah Nagari Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung Januari tahun lalu. Pohon pisang yang sudah dipotong sebulan lalu, kembali mengeluarkan buah dari sisa pohon.(h/wan)http://www.harianhaluan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar