Featured Video

Kamis, 22 Maret 2012

Gempa di Laut Sulawesi Utara





Suasana usai gempa di Sangihe Talaud beberapa waktu lalu (Antara/Basrul Haq)

Belum usai kepanikan karena cuaca ekstrem, pagi ini warga Sulawesi Utara panik kembali dengan sebuah gempa. Gempa ini diketahui berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR), terjadi pada  Kamis 22 Maret 2012 pukul 07.21 WIB.


Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, lokasi gempa terjadi pada koordinat 3,30 Lintang Utara (LU) 126,07 bujur timur (BT) atau 66 kilometer tenggara Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada kedalaman 15 kilometer. Gempa yang juga dirasakan sampai ke Kota Bitung, Sulawesi Utara itu, menurut BMKG, tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, Jeffry Wowoling, kepadaVIVAnews.com hari ini mengatakan, tim BPBD Kota Bitung selalu siap siaga jika akan terjadi bencana. "Diketahui, Kota Bitung memang rawan dari intaian tsunami, tak luput juga dengan adanya longsor dan banjir," kata Jeffry.

"Untuk itu BPBD Bitung hingga kini melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengantisipasi jika terjadi bencana, dan setiap jam ada tim yang bergerak beroperasi mengecek di lokasi-lokasi rawan longsor dan banjir," ujarnya.

Jeffri juga mengimbau agar warga tetap tenang dan jangan panik dengan peristiwa-peristiwa alam, "akan tetapi semua tetap waspada." (adi)http://nasional.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar