Featured Video

Minggu, 29 April 2012

Semua Kendaraan Bermotor Dilarang Ada di Pulau Ini

Kapal di tengah Laut Gili Trawangan (dok. Putri/detikTravel)

Pantai dengan pasir yang bersih (Putri/detikTravel)



Tepi Pantai Gili Trawangan (Putri/detikTravel)

Pantai Gili Trawangan (Putri/detikTravel)

Senja di Gili Trawangan (Putri/detikTravel)

Pantai dengan pasir yang bersih (Putri/detikTravel)

Jangan kaget jika Anda tidak menemukan kendaraan bermotor saat berkunjung ke Gili Trawangan. Pulau ini memang sengaja tidak ada motor demi menjaga kelestarian alamnya. Wow!

Salah satu destinasi favorit para pelacong asal mancanegara jika berlibur ke Indonesia adalah Pulau Gili Trawangan di Lombok, NTB.  Pulau yang termasuk dalam Desa Gili Indah ini memiliki daya tarik keindahan alamnya yang masih terjaga.

“Saat ini Gili Trawangan ramai dikunjungi turis karena faktor keramahan penduduknya dan juga kebersihan, jadi alamnya masih bersih,” kata Kepala Desa Gili Indah, H M Taufik, saat meet and gathering dengan media di Resort Quin Villa and Spa, Gili Trawangan, Lombok, Jumat (27/4/2012).

Kebersihan pulau ini memang patut diacungi jempol. Sepanjang mata memandang dan kaki melangkah, Anda tidak akan menemukan sampah selain putihnya pasir. Tidak hanya itu, pulau ini juga memiliki udara yang masih bersih, bebas polusi.

“Di Gili ini, kami tidak memang sengaja menjaga kebersihan udara dari polusi. Bahkan kami melarang digunakannya kendaraan bermotor di sini,” ucap Taufik.

Ya, kebersihan udara Gili Trawangan memang dijaga oleh seluruh warga dari polusi udara, seperti asap knalpot. Jadi, jangan heran kalau Anda tidak menemukan kendaraan bermotor di pulau ini.

Tidak hanya Gili Trawangan, peraturan dilarangnya kendaraan bermotor juga berlaku di pulau lain yang masuk dalam Desa Gili Indah, yaitu Gili Air dan Gili Meno. Semua melarang demi terjaganya kelestarian alam.

Lalu bagaimana masyarakat Gili bertransportasi? Cidomo dan sepeda jawabannya. Kendaraan bermotor memang dilarang ada di pulau ini, sebagai gantinya cidomo dan sepeda dioperasikan. Cidomo adalah kendaraan dengan tenaga kuda yang mirip dengan delman.

Jadi, bersiaplah untuk mencicipi keindahan alam Gili Trawangan. Tak lupa, nikmatilah berkeliling pulau dengan cidomo atau sepeda. Selamat liburan!
http://travel.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar