Featured Video

Selasa, 17 April 2012

Tidak perlu libatkan TNI tangani geng motor

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan untuk menangani maraknya aksi geng motor yang meresahkan masyarakat tidak perlu sampai melibatkan TNI.

"Negara ini ada aturan, negara ini ada aparat, khususnya aparat yang harus menjaga ketertiban masyarakat. Pemerintah hukumnya wajib menjaga ketertiban dan keselamatan warganya," katanya di sela peresmian kantor DPD PDI Perjuangan Bali, di Denpasar, Selasa.

Kepolisian, lanjut dia, juga wajib hukumnya untuk menertibkan dan menangani setiap permasalahan yang ada.

"Saya rasa tidak perlu melibatkan TNI, yang TNI wajib turun menangani sejak tahun 1999 sampai sekarang ini sudah muncul 30 kali penembakan gelap di Papua yang tidak pernah kepolisian menyelesaikan ini," ujarnya.

Merebaknya kekerasan geng motor menurut Tjahjo bukan karena masalah polisi yang kecolongan.

"Mencermati data-data yang kami terima, aparat tidak tepat dan tidak tanggap. Harus setiap ada gelagat harus bisa dong. Ini urusan kecil mengapa polisi tidak bisa. Jika tidak sanggup, bubarkan saja kepolisian," ucapnya menandaskan.

Urusan geng motor dan perampokan, ucap dia, lebih menjadi tanggung jawab pihak kepolisian.

"Lain halnya dengan urusan Papua penting keterlibatan TNI karena berbagai institusi memiliki aparat inteligen yang tidak pernah saling berkoordinasi," ujarnya.

Ia berpandangan, kalau untuk menangani urusan Papua kepolisian dipandang tidak cukup untuk menangani sendiri dan harus terpadu.

(KR-LHS/E001) 
Editor: Suryanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar