Featured Video

Rabu, 30 Mei 2012

Kota Solok Terima Piala Wahana Tata Nugraha


Kota Solok meraih prestasi tingkat nasional berupa piala Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang tertib lalu lintas. Untuk tahun 2012,  Kota Solok adalah satu-satunya kota di Sumatera Barat yang berhasil meraih piala WTN. Sedangkan kota lainnya hanya menerima plakat.

Walikota Solok Irzal Ilyas diundang ke Jakarta oleh Menteri Perhubungan E.E Mangindaan untuk menerima piala WTN, Selasa (29/5). Piala bergengsi itu langsung diserahkan oleh Menteri Perhubungan E.E Mangindaan kepada Walikota Solok Irzal Ilyas di Jakarta.
Irzal Ilyas mengatakan, keber­hasilan Kota Solok meraih piala WTN tahun 2012 adalah buah kerja keras semua pihak dalam berdisi­plin di jalan raya, mematuhi aturan lalu lintas dan memanfaatkan jalan sesuai fungsi dan peruntukannya.
Suatu hal yang menjadi kebang­gaan bagi Kota Solok, di mana masyarakat bersama Dinas Perhu­bungan tidak mau menyerah begitu saja dengan prestasi tahun 2011 lalu. Tahun 2011 Kota Solok hanya meraih plakat, sama dengan kota-kota lainnya di Sumatera Barat. Kota Solok pun bekerja keras melakukan berbagai pembenahan.
Beberapa kekurangan  tahun sebelumnya langusng dibenahi. Seperti rambu-rambu, zebra cross, penyuluhan para sopir angkutan kota dan pedesaan. Kalangan pelajar juga diberikan penyuluhan tentang budaya tertib berlalu lintas. Setelah berbenah diri, akhirnya Kota Solok berhasil meraih WTN 2012.
Irzal Ilyas berterima kasih kepada seluruh komponen masya­rakat Kota Solok yang telah mem­bantu pe­merintah daerah meraih prestasi demi prestasi. Menurutnya, keber­hasilan kali ini bukanlah keber­hasilan walikota, muspida maupun DPRD. Melainkan keber­hasilan semua pihak, termasuk masyarakat yang berprofesi sebagai tukang ojek, becak motor, sopir angkutan kota, kusir bendi dan lainnya.
Walikota menilai seluruh elemen masyarakat tersebut peduli di dalam mematuhi peraturan lalu lintas di Kota Solok, sebuah kota kecil di Indonesia yang masya­rakatnya masih homogen dan selalu bahu-membahu dalam membangun kota. Ada hal yang sangat unik di Kota Solok dimana setiap gerakan pembangunan yang dilaksanakan selalu melibatkan seluruh kom­ponen masyarakat, termasuk dalam mengawasinya.
Begitu pula dalam ajang-ajang lomba tingkat nasional, Pemko Solok tidak berjalan sendiri-sendiri, namun selalu merangkul seluruh komponen yang ada. Setiap per­soalan selalu diputuskan secara bersama-sama. “Rasa memiliki Kota Solok memang ditanamkan sejak dulu,” terang Irzal Ilyas.
Selama ini kesadaran berlalu lin­tas pada masyarakat ditegakkan de­ngan cara-cara persuasive. Pem­bin­aan lebih diutamakan sehingga ada rasa malu dan segan bagi pemakai jalan untuk melanggar disiplin berlalu lintas. Konsep itulah yang selalu dikembangkan di Kota Solok.
Ketua Komisi B DPRD Kota Solok Daswippetra Dt Mjj Alam memberikan apresiasi kepada Walikota Solok beserta jajarannya terutama Dinas Perhubungan yang telah menunjukkan prestasinya untuk Kota Solok. Dia berharap prestasi yang telah diraih jangan sampai membuat pemko terlena. Ke depan prestasi ini mesti diperta­hankan sehingga piala WTN terus menjadi hak Kota Solok. (h/alf/adv)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar