Featured Video

Senin, 14 Mei 2012

P Spanyol Lima Balapan, Lima Pemenang Berbeda



AFP/Lluis Gene
Barcelona - Jalannya kompetisi Formula 1 musim ini benar-benar sulit ditebak. Memasuki seri kelima di Barcelona, muncul pemenang yang sama sekali tak pernah diduga akan juara: Pastor Maldonado.

Maldonado sebenarnya sudah membuat kejutan sejak sesi kualifikasi, Sabtu (12/5/2012), dengan menempati posisi kedua. Pebalap Williams ini kemudian memulai balapan yang dihelat di Sirkuit Catalunya, Minggu (13/5/2012) malam WIB, dari pole position karena Lewis Hamilton kena penalti.

Di awal lomba, Maldonado sempat kehilangan posisi terdepan karena direbut oleh Fernando Alonso. Namun, dia sukses merebutnya lagi pada lap ke-26.

Hingga akhir lomba, Maldonado tak terkejar lagi. Pemuda asal Venezuela ini pun berhasil meraih kemenangan perdananya sejak melakoni debut pada tahun lalu.

Dengan kemenangan Maldonado ini, berarti sudah ada lima pemenang berbeda dari tim berbeda sepanjang musim ini. Sebelumnya, Jenson Button (McLaren) juara di Australia, Alonso (Ferrari) di Malaysia, Nico Rosberg (Mercedes) di China, dan Sebastian Vettel (Red Bull) di Bahrain.

Di klasemen pebalap, Maldonado kini ada di urutan kesembilan dengan 29 poin. Sebastian Vettel--yang hari ini finis keenam-- masih memimpin bersama Alonso dengan raihan 61 poin.

Jalannya balapan

Alonso melakukan start dengan sangat baik. Dia langsung melesat ke depan dan sukses melewati Maldonado dari sisi dalam. Sementara itu, Hamilton yang start dari posisi paling belakang juga langsung memperbaiki posisinya ke urutan ke-19.

Setelah 10 lap, Alonso masih memimpin jalannya lomba. Dia diikuti Maldonado dan Raikkonen.

Alonso masuk ke pit untuk pertama kalinya pada lap ke-11. Sempat ada di posisi ketiga, dia akhirnya kembali ke urutan terdepan setelah Maldonado dan Raikkonen juga masuk pit di lap berikutnya.

Michael Schumacher harus keluar dari lomba di lap ke-14. Dia menabrak Bruno Senna saat mencoba untuk menyalip. Senna sendiri bisa meneruskan balapan.

Hingga lap ke-16, posisi Alonso di urutan terdepan belum terusik. Di belakangnya, menyusul Maldonado, Raikkonen, Rosberg, Grosjean, Vettel, Button, dan Kobayashi.

Maldonado terus menekan Alonso. Di lap ke-20, jarak di antara keduanya cuma 1,7 detik.

Vettel dan Felipe Massa terkena drive-through penalti. Gara-garanya, mereka mengabaikan yellow flag pada lap ke-23. Gara-gara penalti ini, Hamilton menyodok ke posisi kelima.

Alonso masuk pit pada lap ke-26. Situasi ini dimanfaatkan oleh Maldonado untuk mengambil alih posisi paling depan.

Setelah lomba separuh jalan, Maldonado masih ada di depan Alonso. Di belakang mereka ada Raikkonen, Grosjean, Hamilton, Rosberg, Button, Kobayashi, Vettel, dan Hulkenberg.

Alonso terus mencoba menekan Maldonando. Namun, jaraknya masih terlalu jauh, di atas lima detik.

Sergio Perez cuma bertahan sampai lap ke-40 saja. Dia keluar dari lintasan dan tak bisa meneruskan balapan.

Alonso sempat memimpin balapan saat Maldonado masuk pit pada lap ke-41. Namun, kondisi ini tak berlangsung lama. Berselang tiga lap, Alonso juga masuk pit dan pimpinan lomba kini dipegang oleh Raikkonen.

Raikkonen kehilangan posisi terdepan pada lap ke-47 setelah disalip Maldonado. Satu lap kemudian, dia melorot ke urutan ketiga karena dilewati Alonso.

Hingga lap ke-60, Maldonado masih memimpin lomba. Dia unggul 1,4 detik atas Alonso. Dan hingga garis finis, dia tak terkejar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar