Featured Video

Selasa, 07 Agustus 2012

Ketika Pesantren Kilat Digelar di Kapal Perang


foto









Sejumlah siswa berfoto di atas geladak KRI Tanjung Nusanive yang bersandar di Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) Tanjung Priok, Jakarta, Senin (06/08). Para siswa tersebut mengikuti pesantren kilat di atas kapal TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). TEMPO/Dasril Roszandi


Sekitar pukul 17.00 WIB, 300 anak yatim dan duafa berlayar dengan kapal perang KRI Tanjung Nusanive. Mereka bukan diikutkan dalam misi latihan tempur. 

Ratusan anak-anak itu hendak mengikuti pesantren kilat yang biasa dilaksanakan di pondok peranteren maupun sekolah setiap bulan Ramadan. 

"Mereka mengikuti pesantren kilat di kapal itu," kata Kepala Divisi Corporate Secretary Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Hermin Rachmawantie, di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin, 6 Agustus 2012.

Pesantren kilat ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Senin sampai Rabu, 8 Agustus 2012. Selama itu pula, kapal akan berlayar di sekitar perairan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Baznas bekerja sama dengan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Selain pesantren kilat yang meliputi berbagai kegiatan keagamaan seperti shalat wajib lima waktu serta tarawih, termasuk makan sahur dan buka puasa bersama, anak-anak itu juga diberi kesempatan melakukan tur dalam pengenalan KRI Tanjung Nusanive. Tak ketinggalan, peserta juga akan dilatih kepemimpinan, motivasi, dan strategi hidup di atas kapal tersebut.

Kebetulan, KRI Tanjung Nusanive baru sebulan lalu kembali ke tanah air usai menuntaskan misi kemanusiaan di Libanon. "Kita ingin menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta bahari kepada anak-anak," kata Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Sri Muhammad Darojatim.

Diakui oleh Darojatim, penggunaan sebuah kapal perang untuk kegiatan pesantren kilat baru pertama kali dilakukan instansinya. Namun tentu hal ini atas seizin pimpinan. "Sudah mendapatkan ijin dari Panglima TNI," ujarnya. Ia menambahkan, "Kalau kedepannya ada permintaan dan ada perintah (untuk kembali menggelar kegiatan serupa), saya siap melaksanakan perintah tersebut."


sumber

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr. wb...
    Bismillahirrahmanirrahiim..
    Demi menambah nilai keimanan dan kerukunan umat serta membersihkan diri daripada segala macam keterpurukan yang menyebabkan kemunduran bangsa, kami dari sekretariat Yayasan Pondok Pesantren Dimyathi yang beralamat
    di Cidahu - cadasari - Pandeglang, Serang - Banten, mengajak para saudara muslimin dan muslimat untuk mengikuti ISTIGHOSHAH AKBAR yang diselenggarakan setiap Sabtu Malam Minggu Pertama Awal Bulan. Dipimpin langsung oleh
    KH. Muhammad Murtadlo Dimyathi yang merupakan penerus dari pada junjungan kita ABUYA DIMYATHI atau KH Muhammad Dimyati atau Muhammad Dimyati bin Syaikh Muhammad Amin. Mulai dari jam 20.30 WIB s/d selesai waktu setempat, gratis tanpa dipungut biaya.

    Wassalam
    Panitia

    BalasHapus