Featured Video

Sabtu, 24 November 2012

Komunitas Daring Terbesar di Indonesia Berulang Tahun



Apa jadinya kalau komunitas daring terbesar di Indonesia berulang tahun? Tentunya ramai dengan para pengisi forum yang biasa disapa "agan" dan "aganwati". Itulah pemandangan Sabtu sore di Tennis Indoor Senayan, 24 November 2012.

Hari ini menjadi ajang pertemuan akbar pertama para kaskuser. Sekaligus perayaan 13 tahun berdirinya forum tempat jual-beli, diskusi, hingga merencanakan aneka aksi. Selama dua hari (24-25 November), kaskuser bisa menikmati 30 lapak juragan, 20 store market place, 16 booth komunitas, dan sajian musik.

"Rencana kopi darat ini sebenarnya sudah sejak 2008, dan tiap tahun terus diupayakan, tapi belum terlaksana, sampai akhirnya kami bertemu AXIS," ujar Ken Dean Lawadinata, Chief Executive Officer Kaskus, dalam konferensi pers di Tennis Indoor Senayan.

Ajang kopi darat ini, ia melanjutkan, bukan hanya untuk perayaan. "Melainkan untuk apresiasi kaskuser yang setia bareng kami," kata Ken. Ia sadar para pengguna Kaskus adalah pelanggan yang setia, sejak server masih di Amerika hingga dibawa ke Indonesia dan terkena virus pun, kaskuser tetap kembali.

Dalam perayaan ini, Kaskus juga akan memberikan penghargaan kepada sejumlah moderator dan kontributor. Salah satunya adalah Billy Boen, motivator sekaligus moderator terbaik Kaskus. "Dua setengah tahun lalu, saya diajak gabung, dibuatin ID dan dikasih password untuk mengelola forum," kata dia.

Dari yang tak mengerti apa itu Kaskus, Billy menjadi kaskuser sejati, bahkan ketagihan. "Tulisan saya selalu menjadi hot thread, jadi worth itbanget bergabung di sini," kata dia. Hingga akhirnya, tahun ini Billy pun berhasil meraih predikat kontributor terbaik. "Saya mengumpulkan 51 persen suara, hanya satu putaran," kata dia.

Bagi Billy, menulis di Kaskus sangat tepat. Sebab, sekali Ia mengunggah tulisannya, bisa dibaca dan dibagikan banyak orang. Terutama anak muda. Anak muda, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, adalah tren pemicu kebangkitan ekonomi kreatif Indonesia.

"Dengan memakai tagline Kasak Kusuk, sudah tepat Kaskus menyasar konsumen Indonesia yang suka ngobrol," kata dia dalam kesempatan yang sama. Apalagi, saat ini pengguna Internet di Indonesia hanya 62 juta orang, sementara pengguna Kaskus ada 22 juta. "Jadi sepertiganya ada di Kaskus," ujar dia, "Sebagai ibunya industri kreatif, saya wajib datang di ulang tahun mereka."


SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar