Featured Video

Kamis, 06 Desember 2012

Diky Candra: Skandal Aceng Bikin Garut Mendunia, Memalukan!


Aceng HM Fikri dan Fany
Jakarta - Garut menjadi lebih mendunia karena kasus skandal nikah kilat Bupati Garut Aceng Fikri dengan Fany Octora (18). Menurut mantan Wakil Bupati Garut Diky Candra, hal ini sangat memalukan.

"Karena kasus ini Garut menjadi mendunia, wah ini sangat-sangat memalukan. Cuma artinya kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Kalau cerdas tidak membuat masalah ini dengan memperburuk suasana. Promosikan Garut sampaikan potensi Garut ke tingkat nasional dan dunia," ujar Diky.

Hal ini disampaikan Diky saat berbincang santai dengan detikcom, Kamis (6/12/2012).

Diky memberi contoh sejumlah negara yang sukses mendunia karena budaya dan keterampilannya. Dia mendorong Garut bisa lebih mendunia dengan cara yang lebih berprospek untuk perekonomian kabupaten yang terkenal dengan jajanan dodol dan domba Garut ini.

"Kenapa orang bicara Italia karena dia membangun sepakbola maka lahirlah SDM sepakbola bagus di Italia, Bollywood karena fokus membangun industri perfilman makanya film India dibicarakan orang. Nah sekarang tinggal pilih Garut mau jadi apa? Jangan sampai Garut terkenal karena pertikaian," ujar Diky mencontohkan.

Diky melihat persoalan Aceng ini memang sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat dunia. Dia sendiri heran saat dia posting di facebook soal Aceng, begitu banyak masyarakat yang merespons. Dia sebenarnya berharap masyrakat mulai peduli dengan pembangunan Garut ketimbang skandal Aceng.

"Saya juga tertawa sekaligus sedih sekaligus miris. Saya kebetulan suka berdialog dengan masyarakat melalui Facebook. Ketika kita bicara pembangunan perekonomian jarang sekali orang mau berpartisipasi. Ketika saya bicara pada potensi daerah sedikit sekali yang komen. Tapi ketika saya ngetes soal aib dan status moral politik banyak yang respons. Marilah Garut mulai menciptakan revolusi budaya yang lebih baik," ajaknya.

Sperti diberitakan, heboh Aceng di pentas nasional membuat media asing ikut memberitakanya. Kisah Aceng mendunia berkat tulisan kantor berita asing Associated Press (AP) dan Agence France de Press (AFP). Berita keduanya banyak dikutip media internasional lainnya.

Media asing lainnya, The Guardian, media asal Inggris, menulis judul 'Indonesians protest over Garut chief's text-message divorce'. Dalam pemberitaannya media ternama di Inggris ini mengulas pernikahan dan perceraian Aceng dan maraknya unjuk rasa.

Media AS Huffingtonpost juga menulis kisah skandal Aceng pada Rabu (5/12) dengan judul 'Aceng Fikri, Indonesia Official, Divorces Via Text Message To Teen Wife After 4 Days, Protests Follow'. Media asal Inggris, BBC, juga mengupas soal skandal Aceng dengan judul 'Outrage after Indonesian official divorces teenage bride'. Hari ini, CNN juga menurunkan berita Aceng.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar