Featured Video

Rabu, 12 Desember 2012

Sebut Habibie Pengkhianat, Malaysia Bukan Sahabat Baik


KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Mantan Presiden BJ Habibie memberikan kuliah umum dengan tema Indonesia 2045: Super Power Baru (Membangun Peradaban Indonesia Berbasis Iptek dan Imtak) di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/11/2010). Habibie mengatakan pentingnya pemberdayaan manusia Indonesia sejak dini untuk mempersiapkan Indonesia di masa depan.

 Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan, TB Hasanudin, menilai tindakan yang dilakukan oleh mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin dengan menyebut Presiden ke-3 RI BJ Habibie dengan "The Dog of Imperialism" telah menghina bangsa Indonesia. Sikap Malaysia pun dianggap semakin jauh dari sebutan "Sahabat Baik" Indonesia.
"Yang disampaikan oleh mantan Menteri Penerangan Malaysia itu berlebihan dan sudah mengarah kepada penghinaan bangsa Indonesia. Sebab, Pak Habibie adalah mantan pejabat negara yang jujur, telah membuka ruang demokrasi," ujar Hasanudin, Selasa (11/12/2012), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.
Hasanudin melihat, sikap beberapa oknum warga Malaysia tidak menunjukkan sikap yang positif terhadap Indonesia. Kasus-kasus kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) dan kasuspelecehan seksual oleh aparat Malaysia menunjukkan negeri jiran semakin jauh dari sahabat baik Indonesia.
"Malaysia lama-lama tidak menempatkan diri secara baik," imbuhnya.
Lebih lanjut, Hasanudin menyatakan bahwa Komisi I DPR akan meminta Kementerian Luar Negeriuntuk segera melayangkan protes ke Pemerintah Malaysia. "Kemudian nanti mungkin akan memanggil Dubes Malaysia untuk memanggil DPR," ucapnya.
Sebagaimana diketahui, mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin membuat sebuah tulisan pada koran di Malaysia yang terbit pada Senin (10/12/2012). Tulisan itu memaparkan persamaan tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim dengan mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie. Tulisan itu menyebutkan bahwa Habibie sebagai pengkhianat bangsa Indonesia.
Habibie juga digambarkan sebagai sosok egois, memuakkan, serta pengkhianat bangsa. Di dalam tulisan itu, Zainudin menuduh Habibie mengkhianati bangsa Indonesia dengan menuruti kemauan Barat dengan melepas Timor Timur. Sementara Anwar dituduh pengkhianat karena keinginannya menyerahkan persoalan ekonomi kepada IMF. Keduanya pun dijuluki sebagai "The Dog of Imperialism".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar