Featured Video

Minggu, 24 Maret 2013

Layar Ponsel Kian Jembar


Layar Ponsel Kian Jembar  












Samsung Galaxy Note. REUTERS/Lee Jae-Won



Ada satu fakta menarik: rata-rata lebar tangan lelaki sekitar 7,4 inci, sedangkan lebar tangan perempuan 7 inci. Sekarang, coba perhatikan telapak tangan Anda dan lihat jarak antara jempol dan kelingking. Bisakah Anda bayangkan sebuah ponsel pintar sebesar itu?



Percaya atau tidak, tapi itulah kecenderungan yang kini sedang terjadi. Layar ponsel semakin melebar. Ya, seolah tak puas dengan luas layar yang ada, para vendor ponsel seperti ingin berlomba menciptakan ponsel dengan layar yang kian jembar.


Tren seperti ini dipelopori oleh Samsung dengan Galaxy Note I, yang dijual menjelang akhir 2011 dengan luas layarnya 5,3 inci. Karena ukurannya tak lazim dan terbilang lebar, orang pun menjulukinya sebagai phablet aliasphone tablet.


Ternyata, peminat ponsel dengan layar lebar cukup banyak. Ini dibuktikan oleh Galaxy Note I, yang terjual sebanyak 5 juta unit hanya dalam dua bulan sejak diluncurkan. Samsung jelas tak mau membuang peluang emas itu. Maka lahirlah Galaxy Note II, dengan layar lebih besar lagi: 5,5 inci.


Menurut kabar yang tersiar pada pekan ini, Samsung sedang mempersiapkan generasi ketiga Galaxy Note. Luas layarnya mencapai 5,9 inci. Apakah ini masih bisa dibilang phablet? Banyak yang berargumen ponsel itu sudah masuk wilayah tablet.


Apa pun itu, Samsung tampaknya masih senang membuat ponsel danphablet-nya kian berukuran jumbo. Tengok saja Galaxy S4, yang diluncurkan pada pekan lalu. Lebar layarnya kini sudah mencapai 5 inci.


Soal membuat layar ponsel menjadi lebih lebar bukan melulu dikuasai Samsung. Vendor asal Korea Selatan lainnya, LG, tak mau kalah. Mengandalkan ponsel pintar Optimus G Pro, LG memasang layar berukuran 5,5 inci.

s



Tidak ada komentar:

Posting Komentar