Featured Video

Senin, 08 April 2013

IMO S99 Ocean: Bukan Ponsel Lokal Sembarangan


Harga: Rp1.700.000 - Rp1.900.000

Kelebihan:
- Desain elegan
- Hasil kamera memuaskan

Kekurangan:
- Terasa hangat setelah digunakan 30 menit nonstop
- Kapasitas memori kecil

Highlights:
IMO S99 Ocean bisa dibilang ponsel cerdas Android yang memiliki performa paling menjanjikan dengan harga yang sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan perangkat lain dengan spesifikasi sekelasnya.

 Ditertawakan dan diledek, begitulah nasib smartphone terbaru IMO, S99 Ocean ketika pertama kali kami keluarkan dari kotaknya pada dua pekan lalu. Ditertawakan, setelah banyak orang salah mengira ponsel ini adalah HTC One S karena desainnya sangat mirip.
Keberadaan produk dengan merek lokal seperti IMO dan juga buatan Cina memang masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Membicarakan IMO atau ponsel Cina lain pada saat ini, sama dengan memamerkan ponsel buatan Samsung satu dekade lalu ketika Nokia masih sangat berjaya.
Namun setelah memakai selama dua pekan, IMO S99 Ocean ternyata keren juga. Ia tak kalah jika diadu dengan produk lain di kelasnya, seperti Smartfren Andromax U. Berikut ulasan kami selengkapnya:
Desain
Desain merupakan salah satu keunggulan IMO S99. Meskipun setiap orang yang melihatnya sering kali menduga IMO S99 ini adalah HTC One S, tetapi IMO mempunyai nilai lebih. Desainnya terlihat kokoh dan elegan, terbuat dari bahan metal. Lapisan dove yang halus membuat IMO S99 tampak menawan. Backdoor atau penutup baterai terbuat dari bahan sejenis kaleng, namun tidak membuat IMO S99 terkesan murahan, karena dibalut dengan warna hitam.

Tombol volume terdapat di bagian kanan, tombol power atau lock dan earphone terdapat di bagian atas, sedangkan bagian kiri terdapat lubang untuk mengisi ulang baterai, dan lubang microphone pada bagian bawah. Seperti HTC One S, speaker IMO S99 terdapat pada bagian atas depan, dan bawah belakang, tepatnya di bawah penutup baterai.
IMO S99 memiliki ukuran 135 x 70 x 8,9 mm, dan bobot 382 gram. Layarnya berukuran 4,7 inci (1280 x 720 piksel), sayangnya layar ini belum menggunakan teknologi Gorilla Glass.
Performa
Performa IMO S99 cukup baik. Permainan seperti Subway Surfer atau Temple Run dapat dimainkan dengan lancar. Permainan 3D juga berjalan mulus pada layar IPS HD Screen 4,7 inci IMO S99. Sayangnya, kapasitas penyimpanan internal yang kecil membuat IMO S99 tidak bisa menggunakan aplikasi besar. Penyimpanan internal yang IMO hanya 4 GB, namun bisa diperbesar denganMicro SD.
IMO S99 sudah dibekali dengan OS Android Jellybean 4.1.2, dual core Cortex ARMv7 1GHz, didukung dengan Chipset MTK6577. Memiliki 2 slot Sim card untuk GSM merupakan kelebihan lain dari IMO S99. Dengan spesifikasi seperti di atas, aplikasi dapat dijalankan dengan lebih mulus dibandingkan smartphone sekelasnya. Sayangnya ketika kami coba untuk bermain sekitar 30 menit, layarnya mulai terasa panas.
Suara yang dikeluarkan cukup besar, namun speaker yang aktif adalah pada bagian bawah belakang, sedangkan lubang speaker pada bagian atas sangat kecil bunyinya, bisa dibilang hanya hiasan saja.
Layar 4,7 incinya memiliki kerapatan yang cukup besar yaitu 320 DPI dengan resolusi layar 720 x 1280, High Definition dengan teknologi In Plane Switching (IPS) membuat layarnya sangat nyaman saat digunakan. Berikut hasil benchmark yang cukup memuaskan menggunakan aplikasi Quadrant dan Antutu :
Perbandingan IMO S99 Ocean dengan pesaing utamanya, Smartfren Andromax U:
SpesifikasiIMO S99 OceanSmartfren Andromax U
Sistem OperasiAndroid 4.1.2 Jelly BeanAndroid 4.0.4 Ice Cream Sandwich
Dimensi135x70x8,9 mm, 382 gram130x66x9mm, 140 gram
Layar4,7 inci IPS HD Screen4,5 IPS 640X960 piksel, 256 ppi
KonektivitasWCDMA 2100 MhzCDMA 2000 1x EVDO Rev A 800/1900Mhz + GSM GPRS
ProsesorMTK6577 Dual Core 1 GHz, 512 MB RAMQualcomm Snapdragon MSM8625 1,2 GHz, 768 MB RAM
Kamera Utama dan Video8 Megapiksel + LED flash,8 Megapiksel + LED flash, Video 720p
Kamera depan2 Megapiksel2 Megapiksel
Kapasitas Penyimpanan4GB
4GB
Penambahan ruang penyimpananSampai dengan 32GBSampai dengan 32GB
Baterai1.800 mAh1.800 mAh
HargaRp1,7 Juta - Rp1,9 JutaRp1,6 Juta

Baterai
Dengan kapasitas 1.800 mAh, baterai IMO cukup tahan lama. Waktu siaga dengan paket data dalam keadaan aktif bisa mencapai 2 hari. Kekurangannya adalah pada lubang pengisi daya yang kendur saat menggunakan pengisi dari produk lain yang sejenis, seperti BlackBerry. Dengan kata lain, pengisian baterai harus menggunakan produk asli iMO.

Kamera
IMO S99 memiliki 2 buah kamera. Kamera utama memiliki resolusi 8 megapiksel dengan auto fokus, dan kamera tambahan di depan sebesar 2 megapiksel. Hasil dari kamera IMO S99 bisa dibilang sangat baik dan bisa mengkap detail objek, namun saat di dalam ruangan harus menggunakan bantuan flash. Berikut contoh foto-foto yang diambil dengan kamera IMO S99:
Foto dalam ruangan:
                                    (Tanpa Flash)                                                                    (Dengan Flash)
Foto luar ruangan:
                             (Foto biasa tanpa efek)                                                            (Foto HDR Mode)
Foto Detail
Kamera IMO S99 juga sudah dilengkapi dengan opsi yang cukup lengkap, antara lain: best Shot, face beauty, smile shot, auto scene detect dan EV bracket shot. Ia juga dilengkapi dengan filter yang beragam dan HDR Mode. Selain itu, ada pulafitur photosphere dan landscape panorama.
Foto Panorama
Untuk photosphere dari IMO tidak dapat ditunjukan melalui gambar, namun kami akan tetap memberikan reviewnya melalui video.
Kesimpulan
Dengan banderol harga sekitar Rp1,9 juta, produk IMO kali ini patut untuk diperhitungkan. Kualitas kameranya bisa dibilang sangat baik dan desainnya yang elegan menjadi senjata utama dari IMO S99. Layar 4,7 inci dan grafis HD yang baik juga membuat Anda nyaman ketika menggunakan IMO S99 ini. Jika Anda memiliki anggaran Rp2 jutaan dan menginginkan ponsel cerdas dengan spesifikasi tinggi, seri IMO kali ini bisa menjadi pilihan Anda.


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar