Featured Video

Selasa, 30 April 2013

'Jeroan Otak' di Balik Kacamata Pintar Google


Google Glass (ist)
Jakarta - Setelah spesifikasi kamera 5 MP dan memori internal 16 GB yang melengkapi Google Glass bocor ke publik, kini prosesor dan pengolah grafis yang akan menjadi 'otak jeroan' utamanya juga mulai terungkap satu per satu.

Lewat metode Android Debug Bridge (ADB), kacamata pintar besutan Google ini akhirnya diketahui menggunakan prosesor dual core garapan Texas Instrument yang hadir dengan mengusung tipe OMAP 4430. Prosesor yang mengusung proses pabrikasi 45 nm dan mengadopsi teknologi ARM Cortex-A9 tersebut konon berjalan pada kecepatan clock sekitar 1 GHz.

Sedangkan pada sektor pengolah grafis dipercayakan pada PowerVR SGX540 yang di dalamnya telah terintegrasi hardware accelerator IVA 3, prosesor ABE, dan sebuah ISP yang mendukung kamera hingga 20 MP. Selain itu, PowerVR SGX540 juga disiapkan untuk menangani Video HD pada kecepatan 30 fps dan dukungan Stereoscopic 3D pada resolusi 720p.

Sedangkan untuk menopang kinerja Google Glass, RAM dengan kapasitas 1 GB siap mengakomodirnya. Untuk sistem operasi, Google mempercayakan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich untuk membantu operasional penggunanya.

Seperti di kutip dari Tomshardware, Senin (29/4/2013), jika dibandingkan dengan kebanyakan perangkat berbasis Android, spesifikasi Google Glass memang tidak terlalu tinggi.Namun hal ini wajar saja mengingat Google Glass memang bukan dibuat Google untuk memainkan game berat seperti Modern Combat 4, melainkan untuk mendukung aktivitas sosial sehari-hari penggunanya.

Kelebihan lainnya, semua spesifikasi hardware ini dibuat dalam versi ukuran sesuai form factor kacamata pintar ini, yang tentunya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan smartphone maupun tablet Android terkecil sekalipun.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar