Featured Video

Minggu, 05 Mei 2013

Gamawan Juga Potensial Jadi Capres


Tri/detiksurabaya
Jakarta - Hasil survei Pol-Tracking Institute menunjukkan sejumlah kepala daerah diunggulkan menjadi kandidat alternatif calon presiden 2014. Dua nama baru yang potensial menjadi capres adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan mantan Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi�yang kini menjabat sebagai Mendagri.

Dari hasil survei dengan metode focus group discussion yang melibatkan 100 ahli sebagai juri penilai, didapatkan hasil Tri Rismaharani dan Gamawan Fauzi masing-masing menempati posisi 2 dan 6 yang memiliki skor terbaik dari 14 orang yang diikutkan dalam survei.

10 Aspek yang dinilai yakni integritas, intelektualitas, visioner, gaya kepemimpinan, pengalaman prestastif, keberanian mengambil keputusan, komunikasi publik, aspiratif dan responsif, penerimaan publik dan penerimaan partai. Tri Rismaharani mendapat total skor 76,33 persen, sedangkan Gamawan Fauzi 70,01 persen.

"Ada banyak figur yang sukses memimpun daerah dan potensial jadi pemimpin nasional. Kemunculkan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI adalah salah satu pertanda," kata Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda di Hotel Morissey, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2013).

Hanta mengatakan, penilaian terhadap para kepala daerah juga dipengaruhi oleh akses dan kiprah mereka di level nasional. Tri Rismaharaini juga menjabat Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia, sedangkan Gamawan kini menjabat Mendagri setelah dua periode menjadi Gubernur Sumbar.

"Artinya para figur dari daerah ini selain berprestasi memimpin daerah, juga terbukti leadershipnya di level nasional," terang Hanta

Berikut skor total 10 figur terbaik hasil survei Pol-Tracking Institute:

1. Jokowi (82,54 persen)
2. Tri Rismaharani/Walkot Surabaya (76,33)
3. Fadel Muhammad/Eks Gubernur Gorontalo (70,38)
4. Syahrul Yasin Limpo/ Gubernur Sulsel (70,31)
5. Isran Noor/Bupati Kutai Timur (70,14)
6. Gamawan Fauzi/Eks Gubernur Sumbar (70,01)
7. Agustin Teras Narang/Gubernur Kalteng (69,93)
8. Herry Zudianto/Wali Kota Yogyakarta (69,78)
9. Sinyo Harry Sarundajang/Gubernur Sulut (68,39)
10. Djarot Syaiful Hidayat/Wali Kota Blitar (68,38)


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar