Featured Video

Senin, 24 Juni 2013

Comeback ke MotoGP, Ujicoba Tim Suzuki Cukup Meyakinkan

Comeback ke MotoGP, Ujicoba Tim Suzuki Cukup Meyakinkan
AFP
Randy de Puniet melakukan ujicoba motor Suzuki 
Setelah menyatakan siap comeback diMotoGP 2015, kubu Suzuki melakukan gebrakan cukup meyakinkan saat uji coba di Sirkuit Catalunya, Barcelona (18/6/2013). Memakai kode XRH-1 untuk motornya, pembalap penguji Suzuki, Randy de Puniet, Suzuki berhasil menempati posisi delapan dalam sesi itu.

Sejauh ini De Puniet mengaku puas dengan performa mesin Suzuki. "Kami bekerja seperti di Motegi. Langkah demi langkah dan motor ini masih dalam kondisi baik setelah tes," ujar De Puniet yang direkrut Suzuki menjadi pembalap pengembangan mesin tersebut.
"Kami harus mengubah gearbox karena baru pertama kali tes di sini. Saya puas mencoba motor di sini. Nanti dalam tes selanjutnya di Aragon kami mempunyai waktu yang cukup banyak," katanya.
Pembalap asal Prancis ini juga menilai bahwa motor yang berbalut warna biru tersebut belum mengalami kendala apapun. Meskipun, dirinya merasa harus ada pengembangan pada motor Jepang tersebut.
"Belum ada masalah dan saya juga suka dengan posisi membalap dan nyaman. Namun kami masih akan terus mengembangkan agar lebih baik lagi dalam setiap tikungan. Mesin baru ini (1000cc) sangat halus ketimbang mesin terdahulu (800cc musim 2011). Rasanya seperti mesin prototipe asli," paparnya seperti dilansir Crash
Seperti diketahui, produsen otomotif asal Jepang ini memilih mengundurkan diri dari kasta tertinggi di balapan motor ini usai musim 2011 silam. Kemunduran Suzuki tak lain karena masalah keuangan.
Suzuki pertama kali berkompetisi pada MotoGP pada 1974, dan pembalap legenda asal Inggris, Barry Sheene, telah memenangi dua kali kejuaraan dunia di tahun 1970-an. Terakhir Kenny Roberts Jr Suzuki meraih gelar juara dunia 500cc pada tahun 2000.
Menjadi yang tercepat di uji coba kemarin adalah Jorge Lorenzo. Catatan waktu yang dibuat pembalap Yamaha itu adalah satu menit 41,904 detik, masih lebih lambat dibanding yang dibukukan Dani Pedrosa saat meraih pole position di MotoGP Catalunya, akhir pekan kemarin.
Menempati posisi kedua di sesi ini adalah pebalap Ducati, Nicky Hayden setelah mencatatkan waktu satu menit 41,904 detik. Sementara berada di posisi ketiga adalah Stefan Bradl dari tim LCR Honda dengan waktu satu menit 42,227 detik.
Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, menempati posisi enam dengan waktu satu menit 42,513 detik. Rossi berada di belakang Cal Crutchlow yang menempati urutan kelima dan Andrea Dovizioso yang ada di posisi empat.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar