Featured Video

Rabu, 03 Juli 2013

Jelang Puasa, Harga Cabai Makin ‘Pedas’

Harga cabai rawit merah di Depok melonjak setelah kenaikan harga BBM pada Jumat (20/6) lalu.
Harga cabai rawit merah di Depok melonjak setelah kenaikan harga BBM pada Jumat (20/6) lalu.

Harga cabai rawit merah semakin 'pedas' sepekan jelang Ramadhan. Pemicunya adalah kenaikan harga BBM bersubsidi yang membuat pasokan cabai merah kepada pedagang berkurang.


Harga cabai rawit merah saat ini mencapai Rp 65 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram. Padahal, pada pekan lalu pascakenaikan harga BBM, harga cabai rawit merah masih Rp 45 ribu per kg. Harga cabai rawit hijau berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 32 ribu kilorgram, sedangkan cabai merah keriting dijual seharga Rp 26 ribu sampai Rp 28 ribu per kilogram.

"Sekarang agak susah cari barangnya, meskipun tetap ada," kata Alan (31 tahun), pedagang cabai dan sayur-sayuran di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok, Rabu (3/7). Alan memasok komoditas dagangannya dari Pasar Induk TU Kemang, Bogor.

Suwarno (47 tahun), pedagang lainnya mengaku harus menaikkan modal akibat kenaikan harga, meski ia memiliki pelanggan tetap yang mayoritas para pedagang warung makan di wilayah Depok. "Sekarang mah semua naik. Saya sudah gak mikirin untung, yang penting uang berputar," kata Suwarno yang memperoleh pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Selain cabai, komoditas lain yang mengalami kenaikan cukup signifikan adalah bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah berukuran standar kini mencapai Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kg. Semula, harga bawang merah hanya Rp 28 ribu per kg.

Sementara harga bawang putih kating naik menjadi Rp 20 ribu dari Rp 15 per kg. Untuk jenis sincau, harga bawang putih naik seribu rupiah Rp 10 ribu menjadi Rp 16 ribu per kilogram. Kenaikan itu dikeluhkan penjual di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok "Belinya mahal, jualnya susah. Nah, kita protesnya ke mana ya?" keluh Santi. 

Ia membeli cabai dan sayur-sayuran untuk dijual kembali di warung kecilnya, yang terletak di Jalan Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Depok. Pantauan ROL, di sejumlah supermarket yang menjual sayuran segar, stok cabai rawit merah pun kosong. Kalaupun ada harganya melambung tinggi.

Cabai rawit hijau dijual Rp 63 ribu per kg, sedangkan cabai merah dijual Rp 46.200 per kilogram hingga Rp 51.600 per kilogram, tergantung jenisnya. Di supermarket, bawang merah dijual seharga Rp 64.950 per kilogram, ada juga yang menjual Rp 39 ribu per 250 gram. Sementara, harga bawang adalah Rp 20.500 per kilogram dan ada yang dijual Rp 14 ribu per 250 gram.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar