Featured Video

Kamis, 11 Juli 2013

Kamera 100 Megapiksel Dikembangkan di Cina

Lensa Kamera. Ilustrasi.
Lensa Kamera. Ilustrasi.

 Sebuah institut di Cina sukses mengembangkan sebuah kamera dengan chip CCD (charge-coupled device) 100-megapiksel.


Itu merupakan kamera berpiksel tertinggi Cina saat ini, kata Chinese Academy of Sciences (CAS) dalam pernyataannya seperti dikutip kantor berita Xinhua, Rabu (10/7).

Kamera itu, IOE3-Kanban, dikembangkan oleh Institute of Optics and Electronics di bawah CAS dan bisa memproduksi gambar dalam 10.240 x 10.240 piksel.

Bentuknya kecil dan ringan, dengan bagian terpanjang berukuran hanya 19,3cm, kata CAS yang menambahkan bahwa perangkat itu bisa digunakan dalam temperatur dingin minus 20 derajat celcius maupun cuaca panas bersuhu 55 derajat celcius.

Berfitur high sentivity and high dinamic range (HDR) yang artinya bisa digunakan untuk pencintraan resolusi tinggi di bidang pemetaan dari udara, perencanaan kota, pemantauan bencana, dan sistem transportasi cerdas.

IOE3-Kanban dilengkapi sistem optik canggih, sistem kontrol kamera, dan sistem pencatatan data kapasitas tinggi, juga telah dibuktikan kemampuannya dalam percobaan terakhir sebagai bagian sistem remote-pengindraan udara nasional.

Selain perangkat itu, CAS juga mengembangkan kamera 81-megapiksel selama periode ke-10 Five Year Plan (2001-2005), dan pencapaian terakhir memerlukan waktu dua tahun bagi peneliti untuk membuatnya

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar