Featured Video

Sabtu, 07 September 2013

Crutchlow Puji Lorenzo yang Masih Bisa Bersaing dengan Rider Honda

AFP/Adrian Dennis
London - Cal Crutchlow melontarkan sanjungan untuk Jorge Lorenzo yang sejauh ini masih mampu memberikan persaingan ketat untuk dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Pujian itu dilontarkan Crutchlow, yang membela Yamaha Tech 3, bukan tanpa sebab. Pasalnya ia menilai motor Honda saat ini sudah mengungguli motor Yamaha. Itu mengapa laju Lorenzo, yang membalap untuk tim pabrikan Yamaha, jadi istimewa.

"Aku pikir perbedaan antara Yamaha dan Honda saat ini adalah Jorge," kata Crutchlow di Autosport.

"Honda punya akselerasi lebih baik, kecepatan maksimal lebih tinggi, laju lebih sip di tikungan, dan kini mereka lebih mantap dalam pengereman. Marc dan Dani berkendara dengan amat berbeda jadi itu memperlihatkan betapa stabil motornya."

"Anda harus melihat statistik keseluruhan selama empat atau lima tahun: Jorge menjadi satu-satunya pebalap yang cepat secara konsisten, ia ada di depan dalam setiap balapan."

"Kebanyakan dari kami memiliki dan pernah punya paket yang sama jadi saya percaya ia superior. Ia bukannya tak terkalahkan, itu sudah pasti, tapi ia selalu selangkah di depan para pebalap Yamaha lain dan itu sudah jelas dalam lima tahun terakhir," paparnya.

Crutchlow pun tidak segan-segan mengakui kalau saat ini performa Lorenzo lebih baik dari dirinya karena mampu bersaing dengan Marquez dan Pedrosa.

"Aku tidak bodoh aku pikir saat ini Jorge lebih cepat dariku. Aku pikir Anda harus melihatnya secara realistis. Pada dasarnya ia punya paket yang sama tapi ia masih mampu bersaing dengan para pebalap Honda," sanjung Crutchlow.

Namun demikian, Crutchlow juga menambahkan bahwa performa Lorenzo itu sedikit-banyak disebabkan karena Yamaha memang mengembangkan motornya sesuai dengan gaya berkendara pebalap andalannya tersebut.

"Aku pikir motornya sudah dikembangkan di seputar Jorge. Terutama setelah Valentino pergi (di akhir 2011), aku pikir motornya sudah semakin dikembangkan ke arah Jorge."

"Aku dan Valentino sepertinya melaju dengan cara serupa, tekanan rem kami mirip, tapi kami selalu tertinggal satu langkah. Kami selalu berada tak jauh tapi Jorge seperti berada di level berbeda. Tak pernah ada satu balapan tahun ini di mana aku atau Valentino bisa menyaingi Jorge," analisisnya.

Lorenzo saat ini menempati posisi tiga klasemen sementara MotoGP dengan 194 poin, di bawah Pedrosa (203 poin) dan Marquez (233 poin). Sampai dengan 12 seri balapan, Lorenzo telah memenangi empat di antaranya.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar