Featured Video

Rabu, 08 Januari 2014

Jokowi Tembus 43,5%, PDIP Sumsel: Dia Pantas Jadi Capres

 Elektabilitas Gubernur DKI Jokowi menembus 43,5% di survei politik terbaru Kompas. Kalangan DPD PDIP pun tak lagi sungkan mendorong pencapresan Jokowi ketimbang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.


"Dalam perjalanannya, PDI Perjuangan membidani proses lahirnya Jokowi sebagai salah satu calon presiden yang layak diperhitungkan. Itu juga merupakan bagian dari konsolidasi ideologi," kata Riza Tony Siahaan, Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumsel, dalam siaran pers, Rabu (8/1/2014).

Menurut Riza, Ketum PDIP sudah menghitung kelayakan Jokowi jadi capres. Dia yakin deklarasi pencapresan Jokowi tinggal menunggu waktu.

"Apa alasan ketua umum yang secara langsung mendidik Jokowi kalau bukan mempersiapkan Jokowi sebagai calon presiden. Oleh karena itu saya pikir hanya tinggal menunggu momentum dan waktu yang pas, bagi seorang ketua umum untuk menggunakan hak prerogatifnya itu," kata Riza.

Dia meyakini Mega sudah menguji kekuatan ideologi Jokowi. Dan Jokowi dinilai sudah pada jalan yang benar.

"Sepengetahuan saya sekarang ini ketua umum masih mempersiapkan kader-kader PDI Perjuangan menjadi pemenang Pemilu 2014. Jadi nggak terlalu susah bagi Jokowi nantinya," pungkasnya.

Di survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi semakin meroket. Elektabilitas Jokowi menembus 43,5% sementara capres Gerindra Prabowo Subianto dan Megawati justru menurun.

Berikut hasil survei terbaru Kompas pada Desember 2013 yang dirilis Rabu (8/1/2014):

1. Joko Widodo: 43,5%
2. Prabowo Subianto: 11,1%
3. Aburizal Bakrie: 9,2%
4. Wiranto: 6,3%
5. Megawati Soekarnoputri: 6,1%
6. Jusuf Kalla: 3,1%

Perolehan di bawah 3%: Mahfud MD, Rhoma Irama, Dahlan Iskan, Hatta Rajasa, Surya Paloh, Anies Baswedan, Suryadharma Ali, Hidayat Nurwahid, Yusril Ihza Mahendra, Pramono Edhie dll.

Tidak tahu: 9,8%
Tidak menjawab: 10,9%
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar