Featured Video

Jumat, 21 Maret 2014

Giliran Rusia Beri Sanksi Amerika Serikat

Presiden Obama dan Presiden Putin
Presiden Obama dan Presiden Putin

Kremlin meradang keras atas sanksi-sanksi yang dijatuhkan Gedung Putih. Hari ini, Rusia menjatuhkan sanksi kepada Amerika Serikat (AS) dengan melarang sejumlah politisi AS memasuki negeri itu.


Daftar nama itu ada sembilan, antara lain, Wakil Penasihat Keamanan Gedung Putih Caroline Atkinson; Penasihat Senior Daniel Pfeiffer; Asisten Barack Obama Benjamin Rhodes; dan Juru Bicara DPR AS John Boehner.

Juga, ada Harry Reid yang bekerja di Senat; Ketua Komite Sanat AS Robert Menendez: dan Senator Mary Landrieu, Daniel Coats, serta John McCain. List tersebut dikeluarkan Departemen Luar Negeri Rusia, Jumat (21/3) WIB.

Daftar nama cekal ini muncul tiga hari setelah AS memberlakukan sanksi kepada tujuh pejabat senior Rusia dan anggota parlemen. Mereka dilarang melakukan perjalanan ke Amerika dan aset-asetnya dibekukan.

Rusia mengingatkan AS pemberian sanksi kepada Moskow merupakan pedang bermata dua yang juga akan menghantam AS dan Eropa. Rusia menyiapkan sanksi lain yang akan diberikan kepada 'lawan-lawannya' itu.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Moskow bingung dengan sanksi yang diberikan AS dan Uni Eropa. "Itu tidak bisa diterima," kata Peskov.s