Featured Video

Jumat, 21 Maret 2014

Google Resmi Umumkan Sistem Operasi Jam Tangan Pintar

Google Resmi Umumkan Sistem Operasi Jam Tangan Pintar


Google akhirnya resmi terjun ke persaingan perangkat yang bisa digunakan atau wearable. Perusahaan tersebut telah mengumumkan perangkat bernama Android Wear, sistem operasi yang dirancang khusus untuk wearable device.

Sebagai awalan, sistem tersebut dibuat untuk jam tangan pintar, dan seperti strategi mengembangkan Nexus, Google bekerjasama dengan vendor besar untuk memproduksi perangkatnya.
Tadi malam, Selasa (18/3), Google merilis dua video yang menunjukkan bagaimana desain antarmuka jam tangan tersebut. Selain itu, Motorola dan LG telah meluncurkan jam tangan pintar berbasis Android Wear perdana mereka.
Jam tangan Motorola bisa di lihat pada gambar di atas. Desainnya tergolong minimalis dan klasik, seperti stopwatch yang menempel di pergelangan tangan Anda. Lalu, apa saja fitur-fitur jam tangan tersebut?
Sama dengan Galaxy Gear, ia dilengkapi fitur penting ketika Anda sedang berolahraga. Google mengatakan, Anda akan bisa mendapatkan informasi kecepatan secara real-time, jarak dan waktu ketika Anda berlari, bersepeda atau berjalan.
Jam tangan tersebut juga terintegrasi dengan Google Maps, sehingga Anda bisa mendapatkan pentunjuk arah langsung dari pergelangan tangan Anda.
Selain itu, jam tangan tersebut memanfaatkan kecanggihan Google Now, yang akan menyampaikan pengingat informasi-informasi penting, seperti jadwal penerbangan, pertandingan sepak bola dan sebagainya.
Menariknya, jam tangan ini juga dirancang untuk terhubung dengan smartphone Android, sehingga Anda akan bisa mendapatkan seluruh notifikasi yang Anda inginkan dari aplikasi apa pun yang terpasang di ponsel Anda. Menarik bukan?
Fitur perintah suaranya juga sudah cukup canggih. Anda cukup mengatakan “OK Google” untuk melakukan pencarian. Terakhir, Google juga memamerkan fungsionalitas multi-screen dari jam tangan yang menggunakan Android Wear.
Contohnya, Google mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan perintah suara untuk memindahkan video ke Chromecast atau memainkan lagu tertentu di ponsel Anda.
Sama seperti Google Glass, penggunaan jam tangan berbasis Android Wear tak hanya akan terbatas pada kalangan pecinta teknologi, tetapi juga menyasar industri mode. Untuk memproduksi perangkat Android Wear lebih banyak, Google sudah bekerjasama dengan mitra Android yang ada sekarang ini, seperti Asus, HTC, LG, Motorola, dan Samsung.
Perangkat Android Wear perdana LG akan dinamai G Watch, dan saat ini sedang diproduksi berkolaborasi dengan Google, seperti yang mereka lakukan ketika membuat Nexus 4 dan Nexus 5. G Watch akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini.
Google memang belum menyampaikan informasi detail tentang waktu peluncuran lebih banyak lagi perangkat Android Wear, namun versi pratinjau sistem operasi tersebut sudah tersedia, sehingga pengguna bisa memastikan notifikasi aplikasi mereka akan bisa berfungsi di Android Wear.
Informasi lebih lengkap mengenai Android Wear akan disampaikan Google pada acara Google I/O mulai tanggal 25 sampai 26 Juni mendatang.s