Featured Video

Minggu, 30 Maret 2014

Madrid Cukur Rayo 5-0

Getty Images/Denis Doyle
 Real Madrid mengamuk di kandang sendiri setelah sebelumnya menelan dua kekalahan beruntun. Los Merengues mencukur Rayo Vallecano dengan skor meyakinkan 5-0. 

Menjamu Rayo di Santiago Bernabeu, Minggu (30/3/2014) dinihari WIB, Madrid unggul satu gol hingga turun minum. Gol pertama mereka tercipta atas nama Cristiano Ronaldo.

Pada babak kedua, Madrid makin mengganas. Mereka mencetak empat gol tambahan melalui Daniel Carvajal, Gareth Bale (dua gol), dan Alvaro Morata.

Dengan hasil ini, Madrid masih menempati posisi ketiga di klasemen sementara La Liga dengan 73 poin dari 31 pertandingan. Mereka tertinggal tiga poin dari Atletico Madrid dan dua poin dari Barcelona. Rayo di urutan ke-13 dengan 33 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama pada pertandingan ini jadi milik Madrid. Mereka mengancam pada menit ketiga melalui Karim Benzema, tapi tembakan Benzema bisa diantisipasi oleh kiper Rayo, Ruben.

Serangan Rayo pada menit kesembilan tak membuat gawang Madrid terancam. Tembakan Saul Niguez dari luar kotak penalti terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap Diego Lopez.

Madrid memecahkan kebuntuan pada menit ke-15 melalui gol Ronaldo. Menguasai bola di sisi kanan, Bale memberikan umpan kepada Ronaldo yang tengah berlari. Ronaldo lantas melakukan aksi luar biasa dengan melewati hadangan tiga pemain lawan. Ketika tinggal menghadapi Ruben, dia dengan tenang mengirim bola ke tiang jauh.

Bale nyaris menggandakan keunggulan Madrid beberapa saat kemudian. Dia melepaskan tembakan jarak jauh, tapi masih sedikit melenceng.

Tim tuan rumah tak mampu memanfaatkan peluang bagus pada menit ke-31. Mereka mendapatkan tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti Rayo, tapi Sergio Ramos yang mengeksekusinya mengirim bola ke atas mistar.

Bale melakukan solo run pada menit ke-37 dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Ruben. Tapi, ketika hendak menembak, dia malah tersandung dan jatuh di kotak penalti.

Madrid harus menunggu hingga menit ke-55 untuk bisa menambah gol. Sebuah kombinasi cantik tiga pemain mereka berbuah gol kedua Los Blancos.

Gol ini diawali umpan Carvajal kepada Bale di sisi kiri pertahanan Rayo. Bale lantas mengirimkan umpan silang ke mulut gawang. Ronaldo yang jadi tujuan Bale kemudian memantulkan si kulit bundar ke arah Carvajal. Dengan tenang, nama terakhir menceploskan bola ke dalam gawang tanpa bisa diantisipasi Ruben.

Rayo memiliki kesempatan bagus untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-57. Tapi, sundulan Saul meneruskan sepak pojok Jose Carlos cuma mengenai tiang gawang.

Saul kembali punya peluang beberapa saat kemudian. Dia memanfaatkan kaki kirinya untuk melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti, tapi Diego Lopez ada di posisi yang tepat untuk mengamankan bola.

Tendangan bebas juga jadi sumber peluang untuk Rayo. Jonathan Viera mencobanya pada menit ke-65, tapi tembakannya melenceng tipis.

Madrid mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-68. Umpan matang Angel Di Maria membuat Bale tinggal mendorong bola ke gawang kosong karena Ruben telah meninggalkan posisinya.

Berselang dua menit, Bale membawa Madrid unggul 4-0 dengan cara yang sangat mengesankan. Pemain bernomor punggung 11 itu menggiring bola dari wilayah pertahanan Madrid, melewati garis tengah, mengecoh satu pemain belakang lawan, dan dengan dingin menaklukkan Ruben.

Gol kelima Madrid yang dicetak oleh Morata pada menit ke-78 juga tak kalah istimewa. Usai menerima umpan dari Isco, Morata melepaskan tembakan melengkung ke pojok atas gawang yang membuat Ruben tak berdaya.

Susunan Pemain
Real Madrid: Lopez; Carvajal, Ramos, Pepe, Coentrao; Illarramendi (Isco 62'), Alonso, Di Maria (Casemiro 70'); Bale, Benzema, Ronaldo (Morata 73')

Rayo Vallecano: Ruben; Arbilla, Ze Castro, Borja Lopez, Rat; Trashorras, Saul; Falque, Rochina (Jose Carlos 25'), Bueno (Jonathan Viera 59'); Larrivey (Longo 70')
s