Featured Video

Senin, 31 Maret 2014

Meracik Sendiri Tiramisu

Aneka rupa tiramisu
Aneka rupa tiramisu

Selain varian tiramisu dengan taburan bubuk kopi dan cokelat, ada banyak ragam tiramisu yang bisa dibuat. Teh hijau yang kerap diaplikasikan pada aneka kudapan masa kini, bisa pula memperkaya rasa tiramisu. 


Anda tinggal mengganti cairan kopi dengan cairan teh hijau. Caranya sama dengan menyeduh teh biasa. Rebus air dan gula, lalu masukkan bubuk teh hijau secukupnya.

Tiramisu green tea dirangkai dalam lapisan krim, lady finger sponge yang diperciki cairan teh hijau, lalu krim, lady finger sponge yang sudah basah dengan teh hijau, krim lagi, dan hias dengan bubuk teh hijau. 

Tapi sebaiknya, tidak terlalu banyak menaburkan bubuk teh hijau. Selain harganya mahal, bubuk teh hijau juga pahit.

Nah, untuk Anda yang suka dengan cita rasa lain, chef Bruno Bohl memberi satu insipirasi. Tiramisu dengan sedikit rasa asam. Rasa asam ini muncul berkat campuran aneka buah berry yang dimasak. Sebutannya adalah kompot buah berry. 

Ingin membuatnya? Pertama, rebus jus jeruk, gula, air perasan lemon, serta kayu manis hingga mendidih. Masukkan tepung maizena yang dilarutkan dengan sebagian jus yang sedang dimasak. 

Aduk rata. Matikan api, lalu tuang cairan ke atas campuran aneka buah berry, seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, atau red currant, kemudian aduk rata.

Pisang pun bisa dikombinasikan dalam tiramisu. Paduannya adalah karamel pekat yang dibuat dari susu kental manis. Untuk membuat toffee atau karamel dari susu kental manis, rendamlah susu kental manis dalam air di atas api. Rebus sembari diaduk selama enam jam. 

Agar toffee tidak gagal pastikan susu kental manis selalu terendam dalam air. Sementara itu, panggang pisang yang sudah dipotong selama lima menit dalam oven. Bila pisang sudah dingin campur dengan toffee. Penyajiannya sama dengan tiramisu lain.

Pendek kata, jangan ragu untuk mengkombinasikan krim tiramisu dengan bahan lain yang Anda suka. Tiramisu klasik bisa terasa lebih renyah dengan taburan sereal Rice Krispies yang dicampur cokelat cair. Lady finger sponge bahkan dapat diganti dengan lapis surabaya untuk rasa yang lebih Indonesia. 

Krim Tiramisu
Sulitkah membuat krim tiramisu? Begitu mungkin pertanyaan yang berkecamuk di benak Anda. Jangan khawatir, Anda pasti bisa membuatnya. Praktikkan saja resep krim tiramisu berikut ini :

Bahan:
9 kuning telur
120 gram gula pasir
500 gram keju mascarpone
375 gram whipped cream

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dan gula di dalam panci (wadah) yang diletakkan di atas panci berisi air yang tengah mendidih. Kocok sampai adonan pucat dan mengembang ringan (bukan kaku). Jangan berhenti mengaduk setelah adonan mengembang.
2. Setelah mengembang, matikan api. Tambahkan keju, aduk sampai rata.
3. Masukkan whipped cream yang sudah jadi, aduk dengan gerakan seperti melipat. Jangan dikocok.
4. Krim siap dirangkai dengan bahan-bahan lain.s