Featured Video

Senin, 16 Juni 2014

Argentina Menang, Messi Akhiri Paceklik Gol


AFP / DAMIEN MEYER
Striker Argentina, Lionel Messi, saat merayakan golnya ke gawang Bosnia-Herzegovina pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Sabtu atau Minggu (16/6/2014) dini hari WIB.


Argentina berhasil menang 2-1 atas Bosnia-Herzegovina pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Minggu atau Senin (16/6/2014) dini hari WIB.


Argentina langsung memimpin saat laga baru memasuki menit ketiga. Bek Bosnia-Herzegovina, Sead Kolasinac, melakukan gol bunuh diri setelah bola hasil sundulan Marcos Rojo mengenai dirinya sebelum masuk ke sudut kiri bawah gawang.

Gol yang tepatnya dilesakkan pada menit 2:08 itu merupakan gol bunuh diri tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, gol bunuh diri tercepat ditorehkan bek Paraguay, Carlos Gamarra (2:46), pada Piala Dunia 2006.

Meski Argentina terlihat lebih menguasai jalannya laga, Bosnia-Herzegovina bukan tanpa serangan. Berawal dari serangan balik, Izet Hajrovic hampir saja menyamakan kedudukan jika bola tendangannya tidak dapat diantisipasi oleh kiper Argentina, Sergio Romero, pada menit ke-15.

Memasuki pertengahan babak pertama, Bosnia-Herzegovina mencoba keluar dari tekanan. Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina membuat Edin Dzeko dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-32, giliran Argentina yang mendapatkan kesempatan. Akan tetapi, upaya mereka belum membuahkan hasil karena bola tendangan keras Javier Mascherano dari luar kotak penalti masih dapat ditepis oleh kiper Bosnia-Herzegovina, Asmir Begovic.

Selepas turun minum, Bosnia-Herzegovina mencoba mengambil alih jalannya pertandingan. Beberapa kali skuad asuhan Safet Susic mendapatkan kesempatan di kotak penalti Argentina untuk menyamakan kedudukan.

Keasyikan menyerang membuat barisan pertahanan Bosnia-Herzegovina kurang konsentrasi. Hal itu pun mampu dimanfaatkan para pemain Argentina untuk kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-65. 

Berawal dari aksinya di sisi kiri lapangan, Angel Di Maria memberikan umpan kepada Messi. Bomber Barcelona itu pun menggiring bola melewati dua pemain Bosnia-Herzegovina, sebelum melepaskan tendangan keras ke arah gawang Bosnia-Herzegovina.

Bola tendangan Messi itu sempat membentur tiang kanan gawang Bosnia-Herzegovina. Namun, pantulan bola tersebut akhirnya masuk ke arah yang berlawanan. 

Bagi Messi, itu adalah gol keduanya di putaran final Piala Dunia. Ia terakhir kali menyumbang gol saat mengalahkan Serbia dan Montenegro 6-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2006.

Empat menit sebelum akhir laga, pemain pengganti Vedad Ibisevic sukses memperkecil ketertinggalan setelah bola tendangannya gagal diantisipasi dengan baik oleh Romero. Namun, skor 2-1 untuk Argentina pun tetap bertahan hingga laga usai. 

Menurut catatan FIFA, sepanjang pertandingan, Argentina menguasai bola sebanyak 57 persen dan menciptakan lima tembakan akurat dari 10 usaha. Adapun Bosnia-Herzegovina melepaskan 10 peluang emas dari 15 percobaan.

Susunan pemain:
Argentina: 1-Sergio Romero, 2-Ezequiel Garay, 3-Hugo Campagnaro (5-Fernando Gago 45), 17-Federico Fernandez; 4-Pablo Zabaleta, 7-Ángel Di Maria, 11-Maxi Rodríguez (9-Gonzalo Higuain 45), 14-Javier Mascherano, 16-Marcos Rojo; 10-Lionel Messi, 20-Sergio Aguero
Pelatih: Alejandro Sabella

Bosnia-Herzegovina: 1-Asmir Begovic; 3-Ermin Bicakcic, 4-Emir Spahic, 5-Sead Kolasinac, 13-Mensur Mujdza (9-Vedad Ibisevic 69); 7-Muhamed Besic, 8-Miralem Pjanic, 10-Zvjezdan Misimovic (18-Haris Medunjanin 74), 16-Senad Lulic, 20-Izet Hajrovic (19-Edin Visca 71); 11-Edin Dzeko
Pelatih: Safet Susic

Wasit: Joel Aguilar (Slovenia)k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar