Featured Video

Minggu, 13 Juli 2014

LG Kenalkan Televisi Portabel yang Dapat Digulung

Tv portabel LG.
Tv portabel LG.

LG mengumumkan perusahaannya sedang mengembangkan televisi OLED (organic light-emitting diode) pada Kamis (11/7). Televisi berukuran 18 inchi ini dapat digulung jika sedang tidak digunakan. OLED menawarkan resolusi HD 1200x810 atau hampir satu juta megapiksel. 


Menurut keterangan dari LG, televisi tipis ini dapat digulung dengan diameter gulungan tiga sentimeter. Meski digulung, LG mengklaim hal itu tak akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

OLED dapat digulung karena dibuat menggunakan film berbasis polyimide. Bahan ini memungkinkan panel menjadi fleksibel daripada penggunaan plastik konvensional. Film polyimide ini juga membantu mengurangi ketebalan panel secara signifikan sehingga meningkatkan fleksibilitasnya.

Akan tetapi, tak seorang pun memperkirakan televisi ini bisa dijual di pasaran dalam waktu dekat. Pengembangan produk ini masih menyisakan beberapa hal yang harus dibenahi. LG sendiri menekankan di masa depan mereka akan dapat memproduksi televisi gulung hingga ukuran 50 inchi.

“Ide TV yang dapat digulung adalah terobosan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Dengan hadirnya TV gulung, ruangan di rumah anda akan lebih efisien,” kata Will Findlater, Kepala Editor majalah gadget Stuff.

“TV layar lebar portabel akan menjadi trend di masa depan,” tambahnya.

“LG Display adalah pionir dari OLED TV dan saat ini memimpin teknologi OLED generasi berikutnya,” demikian pernyataan Wakil Presiden sekaligus kepala R&D LG Display, In-Byun Kang.

“Kami yakin pada 2017 LG akan sukses mengembangkan Ultra HD yang fleksibel dan OLED dengan panel transparan berukuran lebih dari 60 inchi,” tambah In-Byun Kang.

Digital Trend melaporkan, LG kemungkinan akan membawa prototype produknya pada event tahunan IFA electronics September mendatang di Jerman.

Tahun ini pada CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas, LG memperkenalkan produk komersial pertama dari OLED Curved panel TV. Musim gugur lalu, LG juga mengumumkan G Flex, yang merupakan ponsel lipat pertama di dunia.r