Featured Video

Kamis, 10 Juli 2014

Valentino Rossi: Dari NSR 2000 ke YZR-M1 2016



Perpanjangan kontrak dua tahun yang disepakati Valentino Rossi dengan Yamaha akan membuat The Doctor menjadi pebalap dengan spesifikasi tunggangan paling beragam di kelas rajanya balapan motor.


Rossi dan Yamaha di akhir pekan lalu menyepakati perpanjangan kontrak hingga 2016. Itu artinya dia akan ikut merasakan revisi regulasi terbaru MotoGP yakni penggunaan ECU tunggal dan ban baru Michelin yang akan diterapkan musim 2016.

Itu merupakan kali kesekian Rossi merasakan perubahan besar dalam regulasi MotoGP/500 cc sejak dia pertama kali berpartisipasi di tahun 2000 lalu. Faktanya, sampai nanti kontraknya habis bersama Yamaha, dia paling tidak sudah merasakan empat perubahan besar regulasi. Mulai dari Honda NSR500 dua langkah dengan ban Michelin di tahun 2000 sampai Yamaha M1 1000 cc empat langkah dengan ban Michelin yang akan dipakai di musim 2016 mendatang.

Rossi menunggang Honda NSR500 di dua musim pertamanya pada kelas 500 cc. Setelah cuma jadi runner up di tahun debut, dia berhasil merebut gelar juara dunia di musim 2001. 

Mulai musim 2002 kelas 500cc berganti dengan MotoGP, dan di tahun itu Rossi mulai mengendarai Honda RC211V. Dua gelar juara dunia berhasil didapat rider asal Italia itu yakni di tahun 2002 dan 2003.

Rossi lantas memutuskan pindah tim pada musim 2004, dia memperkuat Yamaha dan bertarung di atas lintasan menggunakan Yamaha YZR-M1 bermesin 990 cc. Tiga tahun berselang perubahan regulasi kembali terjadi di MotoGP, kapasitas mesi dipangkas dari yang sebelumnya 990 cc menjadi tinggal 800 cc. Total selama tujuh musim di Yamaha, Rossi meraih empat gelar juara dunia.

Pada tahun 2010 Rossi berganti tunggangan lagi, setelah dia bergabung dengan Ducati. Setahun memperkuat Ducati, perubahan regulasi kembali terjadi karena mesin motor kembali ditingkatkan kapasitasnya ke angka 1000cc.

Setelah dua musim yang suram bersama Ducati, Rossi pulang ke Yamaha pada 2013 lalu. Di tim tersebut dia (paling tidak) akan bertahan sampai 2016, di mana akan ada perubahan regulasi lagi akan terjadi.

Rekapitulasi Karier Valentino Rossi di 500cc/MotoGP, seperti diberitakan Crash:

2000: Honda 500cc dua langkah, Michelin (2 kemenangan, posisi 2). 
2001: Honda 500cc dua langkah, Michelin (11 kemenangan, Juara Dunia). 
2002: Honda 990cc empat langkah, Michelin (11 kemenangan, Juara Dunia). 
2003: Honda 990cc empat langkah, Michelin (9 kemenangan, Juara Dunia). 
2004: Yamaha 990cc empat langkah, Michelin (9 kemenangan, Juara Dunia). 
2005: Yamaha 990cc empat langkah, Michelin (11 kemenangan, Juara Dunia). 
2006: Yamaha 990cc empat langkah, Michelin (5 kemenangan, Posisi 2). 
2007: Yamaha 800cc empat langkah, Michelin (4 kemenangan, Posisi Tiga). 
2008: Yamaha 800cc empat langkah, Bridgestone (9 kemenangan, Juara Dunia). 
2009: Yamaha 800cc empat langkah, Bridgestone (6 kemenangan, Juara Dunia). 
2010: Yamaha 800cc empat langkah, Bridgestone (2 kemenangan, posisi 3). 
2011: Ducati 800cc empat langkah, Bridgestone (0 kemenangan, posisi 7). 
2012: Ducati 1000cc empat langkah, Bridgestone (0 kemenangan, posisi 6). 
2013: Yamaha 1000cc empat langkah, Bridgestone (1 kemenangan, posisi 4). 
2014: Yamaha 1000cc empat langkah, Bridgestone (0 kemenangan, posisi dua)* 
2015: Yamaha 1000cc empat langkah, Bridgestone control tyres. 
2016: Yamaha 1000cc empat langkah, Michelin control tyres and control ECU system.k