Featured Video

Minggu, 17 Agustus 2014

Tips Sederhana Teknik Lighting

(ilustrasi/GettyImages)
Jakarta Saya mau bertanya tentang teknik lighting yang benar. Apakah cahaya yang masuk ke dalam model atau benda tersebut sudah pas atau tidak, saya bingung dari kemarin nyari artikel seperti ini karena pembahasannya kurang dimengerti. Maklum baru belajar jadi butuh pengertian yang lebih sederhana. Terimakasih (Candrandiyasa)

Jawaban:

Pada dasarnya yang penting diperhatikan saat mengunakan lighting/pencahayan untuk subjek foto yaitu kualitas dan arah cahaya.

Yang dimaksudkan dengan kualitas cahaya adalah apakah lembut atau keras (soft & hard). Cahaya yang lembut bayangannya bergradasi dan agak tersamar, sedangkan yang keras transisi antara bagian yang terang dan gelap akan pendek/tidak ada. Tekstur subjek dan warna akan lebih menonjol dengan mengunakan cahaya keras.

Arah cahaya menentukan bentuk dari subjek. Kalau dari arah depan, bentuk subjek terlihat flat/datar/dua dimensi, jika dari sisi samping, subjek akan terlihat lebih tiga dimensi. Arah cahaya dari atas memberikan kesan alami seperti cahaya matahari, sedangkan cahaya dari bawah akan memberikan kesan misterius/horror.

Tidak ada salah benar dalam teknik lighting, yang penting adalah apakah lightingyang digunakan cocok untuk subjek yang difoto dan ide yang ingin disampaikan.d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar