Featured Video

Selasa, 02 September 2014

Kesan Pertama Menggenggam Xiaomi Redmi 1S

oik yusuf/ kompas.com
Xiaomi Redmi 1S
Hari Rabu (27/8/2014) lalu, pabrikan gadget asal Tiongkok, Xiaomi, meresmikan kehadirannya di pasaran Indonesia, sekaligus meluncurkan smartphone Redmi 1S.


Ponsel yang juga dikenal dengan nama Hongmi (bahasa Mandarin untuk "Nasi Merah") ini diperkuat prosesor quad-coreSnapdragon 400 1,6 GHz, RAM 1GB, kapasitas memori internal 8 GB, kamera 8 megapiksel, serta dua slot untuk SIM card.

Berbeda dengan model Mi4 yang menyasar segmen atas, Redmi 1S diposisikan di kelas budget. Harganya pun disesuaikan, yaitu Rp 1,5 juta.

Banderol yang terbilang kompetitif dibandingkan produk-produk sekelas itu membuat penasaran. Seperti apa kesan yang didapatkan seusai sejenak menggenggam andalan Xiaomi yang "ekonomis" ini? Ikuti ulasan singkat berikut.

Bersih

Redmi 1S memiliki bentuk fisik yang simpel dan bersih. Tidak ada tombol fisik yang bisa ditemukan di bagian mukanya, kecuali deretan tiga soft buttonuntuk navigasi yang menempati sisi bawah layar.


oik yusuf/ kompas.com
Tampak depan dan belakang Xiaomi Redmi 1S
Bagian display IPS (4,7 inci, 1280 x 720) ini dilapisi kaca anti-gores Dragon Trail bikinan perusahaan Jepang, AGC. Meski belum sekondang Gorilla Glass dari Corning, pihak Xiaomi menjamin bahwa Dragon Trail sama baiknya dalam hal ketahanan terhadap goresan.

Bagian belakang Redmi 1S terbuat dari plastik matte bertesktur kesat. Di sini terdapat unit kamera 8 megapiksel beserta LED flash dan logo Xiaomi yang berbunyi "Mi".

Meski sekilas terlihat seolah memiliki desain unibody, cangkang belakang Redmi 1S sebenarnya bisa dilepas berikut dengan baterainya.
oik yusuf/ kompas.com
Konektor micro-USB berbentuk persegi panjang di bagian bawah Redmi 1S
Redmi 1S terasa mantap di tangan ketika digenggam, terutama berkat bagian belakangnya yang kesat dan tidak licin itu. Hanya, bobotnya yang 158 gram sedikit memberi kesan berat untuk ukuran smartphone 4,7 inci.

Port untuk micro-USB Redmi yang berbentuk persegi panjang di 1S terlihat "tidak lazim" karena berbeda dengan konektor serupa pada ponsel lain yang umumnya berbentuk trapesium.
oik yusuf/ kompas.com
Sisi samping Xiaomi Redmi 1S memuat tombol daya dan pengatur volume seperti biasa
Namun, pemilik Redmi 1S tak perlu khawatir karena port tersebut sebenarnya adalah konektor micro-USB"Tipe A" yang kompatibel dengan konektor micro-USB "Tipe B" berbentuk trapesium.

Proses pengisian baterai dan transfer data pun bisa dilakukan dengan kabelmicro-USB yang selama ini beredar di pasaran Indonesia.

Tanpa "laci"

Kesan sederhana berlanjut ketika membuka sistem operasi Redmi 1S yang dilapis antarmuka MIUI 5.0.

Launcher ala Xiaomi ini terlihat ringan karena tidak disesaki aneka macambloatware yang jamak ditemukan pada ponsel pabrikan lain.

Mungkin lantaran itu pula, Redmi 1S terasa gegas dalam percobaan singkatKompasTekno menjelajahi sistem operasi. MIUI 5.0 tidak memiliki App Drawer atau "laci" tempat menyimpan semua ikon aplikasi yang terpasang.
oik yusuf/ kompas.comTampilan folder pada antarmuka Xiaomi Redmi 1S dengan latar belakang yang diburamkan, mirip implementasi serupa pada iOS
Semua ikon itu pun ditumpuk di layarhomescreen sehingga lebih mudah diakses, meski dengan mengorbankan area layar yang terpakai untuk ikon.

Seperti biasa, homescreen juga bisa diimbuhi aneka macam widget dan folder untuk menyimpan ikon aplikasi agar lebih ringkas dan teratur.

Sistem operasi Redmi 1S sendiri masih menggunakan Android 4.3 Jelly Bean. Pihak Xiaomi menjanjikan bahwa OS ponsel ini bakal segera diperbarui menjadi Android 4.4 Kitkat, yang akan disalurkan berbarengan dengan updateantarmuka MIUI 6.0.

Tertarik? Redmi 1S rencananya akan mulai dijual lewat toko online Lazada pada 4 September mendatang.k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar