Featured Video

Sabtu, 18 Oktober 2014

Para Pebalap Lakoni Etape 'Neraka'

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) memasuki etape ketiga yang merupakan etape 'neraka' bagi para pebalap. Lomba juga dipastikan takkan terganggu oleh asap kebakaran hutan.


Dengan mengambil start di Muncar, Sabtu (18/10/2014), pebalap akan adu pancal hingga finis di Paltuding Ijen. Jarak rute ini mencapai 201.7 kilometer. Diperkirakan waktu tempuh rata-rata pebalap adalah 7 jam.

Selain melawan teriknya matahari, pebalap harus melahap tiga tanjakan sebelum finis, yakni di Sragi, Licin dan Paltuding. Di titik terakhir para peserta harus memompa stamina ekstra agar bisa menaklukkan tanjakan dengan kemiringan 45 derajat.

Dijelaskan Chairman ITdBi Guntur Priambodo, pihaknya telah menyiapkan antisipasi asap dari kebakaran hutan di lereng Gunung Ijen dan berharap tidak mengganggu etape 'neraka'.

"Kami sudah meakukan koordinasi dan antisipasi. Semoga anginnya tidak mengarah ke jalur yang akan dilintasi pebalap," ucapnya.

Kemarin, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga sudah menegaskan hal tersebut usai melakukan rapat dengan dinas terkait.

"Insya Allah tidak ganggu, tetap jalan terus dan sudah kita siapkan antisipasi," katanya.

Kebakaran hutan di Gunung Ijen, kata Anas merupakan peristiwa tahunan dan yang terbakar berada di wilayah Situbondo yang menjadi tanggung jawab BKSDA.

"Itu tanggung jawab BKSDA dan Taman Nasional. Kita tidak terlalu masuk ke dalam. Tapi kita sudah siap jika mereka butuh bantuan dan insya Allah tidak akan ganggu," ungkap Anas.

Ia juga mengungkapkan, kebakaran hutan di Gunung Ijen tahun ini tidak terlalu besar dibandingkan 2007. Menurutnya, dari laporan yang diterima hutan yang terbakar sekitar 150 hektar.

"Harapan kita BKSDA bisa cepat menanggulanginya dan kita sudah mengirim bantuan mobil pemadam kita kesana serta kita juga sudah siap jika diminta bantuan tenaga," pungkas Anas.

Kebakaran hutan terjadi sejak Rabu (15/10/2014) lalu pukul 17.00 WIB. Karakter kebakaran hutan di wilayah Banyuwangi dinilai BPBD sulit ditangani karena kemiringan kawasan lereng yang mencapai 45 derajat.

Kini kebakaran di lereng Gunung Ijen mencapai hingga ratusan hektare. Jarak kebakaran pun semakin mendekati kawasan pos bunder yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari paltuding (lapangan kemah Gunung Ijen).D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar