Featured Video

Selasa, 11 November 2014

Bungkam Timor Leste 4-0, Modal Berharga Skuat Garuda

Bungkam Timor Leste 4-0, Modal Berharga Skuat Garuda
Sergio van Dijk
Timnas senior Indonesia mendapatkan modal berharga jelang persiapan mengikuti Piala AFF 2014 di Vietnam. Skuat Garuda meraih kemenangan telak 4-0 dalam laga persahabatan melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa, (11/11). 

Di awal babak pertama, Timor Leste langsung bermain menekan. Dua peluang langsung didapat penyerang Timor Leste, Almeida, masing-masing melalui sundulan dan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun kedua peluang tersebut masih belum menemui sasaran.
Lima menit laga berjalan barulah Indonesia mampu keluar dari tekanan dan tampil agresif. Hasilnya, Sergio van Dijk mampu membuka keunggulan Indonesia ketika laga memasuki menit kesepuluh. 
Berawal umpan jauh yang dilepaskan Rizki Pora, bola ditahan van Dijk. Dengan sekali kontrol, pemain naturalisasi aal Belanda ini langsung melepaskan tendangan keras yang sebenarnya mampu di tahan penjaga gawang Timor Leste, Ramos Ribeiro Maxanches. Namun, bola tetap meluncur ke dalam gawang. 
Evan Dimas yang dipercayakan tampil sebagai pemain utama pada laga ini, beberapa kali sempat memiliki peluang matang. Enam menit setelah gol van Dijk, mantan kapten timnas U-19 ini lolos dari penjagaan dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Timor Leste. Sayang sepakan pemain Persebaya Surabaya ini masih bisa diantisipasi oleh Ramos
Selepas peluang tersebut, Indonesia sempat beberapa kali mendapatkan peluang emas. Sementara itu, Timor Leste terlihat kesulitan mengembangkan permainan dan bermain lebih bertahan.
Setengah jam laga berjalan, timnas hampir saja menggandakan keunggulan andaikan sepakan Zulham Malik Zamrun memanfaat umpan cantik van Dijk tidak ditahan kiper tim tamu. Pemain Mitra Kukar ini akhirnya mampu membayar lunas kesalahannya dan membawa Indonesia unggul 2-0 pada menit ke-40 melalui sundulan memanfaatkan umpan terukur Zulkifli Syukur.
Berikutnya, giliran Evan Dimas yang mencatatkan gol perdananya bagi timnas senior. Menerima umpan silang dari Zulfikli Sukur, Van Dijk meneruskan bola ke kaki Evan yang masuk dari lini kedua. Evan tanpa kesulitan menaklukkan Ramos.
Memasuki babak kedua, Indonesia tetap bermain agresif. Pelatih Alfred Riedl memasukkan beberapa darah segar untuk memberikan suntikan tenaga dan memberikan kesempatan pemain lain untuk bermain.
Tercatat ada enam pergantian pemain yang dilakukan pelatih asal Austria tersebut. Rizky Ramdani Lestaluhu dan Manahati Lestusen digantikan Ahmad Bustomi dan Bayu Gatra Sanggiawan di lima menit awal paruh kedua.
Memasuki menit ke-65 kembali Riedl melakukan pergantian. Kali ini giliran van Dijk dan Evan yang ditarik keluar dan memasukkan Cristian Gonzals dan Samsul Arif Munip.
Pergantian tersebut ternyata membuahkan hasil. Lima menit memasuki lapangan, Samsul Arif mencetak gol keempat Berawal dari serangan di sisi sayap, sepakan keras pemain Arema Cronus itu gagal diantisipasi oleh penjaga gawang lawan.
Unggul empat gol, Riedl kembali melakukan pergantian pemain. Dedi Hartono masuk menggantikan Zulham Zamrun sedangkan penjaga gawang Kurnia Meiga yang tidak mendapatkan cobaan berarti pada laga ini juga ditarik keluar untuk digantikan kiper asal Barito Putera, Dian Agus Prasetyo.
Pada pertandingan ini, Timor Leste terlihat kesulitan menembus daerah pertahanan Indonesia yang di kawal Fachruddin Wahyudi, Zulkifli Syukur, Rizki Pora dan Muhamad Roby. Tim besutan Antonio Carlos Vieira ini hanya mampu bermain bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik.
Susunan pemain:
Indonesia
Kurnia Meiga (Dian Agus Prasetyo 76'); Zulfkifli Syukur, Muhammad Roby, Fachruddin, Rizky Ripora, Raphael Maitimo, Manahati Lestusen (Ahmad Bustomi 46'), Ramdani Lestaluhu (Bayu Gatra 46'), Evan Dimas (Samsul Arif 63'), Zulham Zamrun (Dedi Hartono 74'), Sergio van Dijk (Cristian Gonzales 63')
Timor Leste
Ramos Maxanches; Paulo Martins, Cacio Souza, Filipe Bertoldo (Carlos Geovano Magno 83'), Patrick Fabiano, Chiqiuto Filipe Do Carmo (Nataniel Reis 66'), Ezaquiel Dos Santos Fernandes (Agostinho da Silva Araujo 86'), Adelino Coelho De Oliviera, Jose Fonseca, Nicolames Fernandez, Murilo de Almeida.r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar