Featured Video

Kamis, 04 Desember 2014

Gara-gara Gangnam Style, YouTube Ubah Pola Penghitungan



Industri musik Korea Selatan memang sangat memaksimalkan dunia maya. YouTube menjadi tempat favorit pemasaran mereka. Sampai-sampai video Gangnam Style harus membuat YouTube membenahi sistem penghitungan jumlah penonton.


Video penyanyi asal Korea Selatan, Psy, sukses menjebol YouTube hingga mencapai lebih dari 2 miliar pengunjung. YouTube, yang tidak menyangka jumlah penontonnya akan sebesar itu, terpaksa harus mengubah sistem penghitungn dari 32-bit integer menjadi 64-bit.

"Kami tidak pernah berpikir video akan ditonton dalam jumlah yang lebih besar dari 32-bit integer. Itu jauh sebelum kami bertemu Psy. 'Gangnam Style' sangat menarik untuk dilihat sehingga kami harus meng-upgrade ke 64-bit integer," tulis Google, perusahaan yang menaungi YouTube, seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis 4 Desember 2014.


Integer merupakan istilah yang merujuk pada tipe data apapun yang merepresentasikan bilangan bulat. 32-bit integer biasanya bernilai hingga 2,147,483,647 (lebih dari 2 miliar) sedangkan 64-bit integer 9,223,372,036,854,775,808 (9 kuantiliun).

Saat tulisan ini dibuat, jumlah pengunjung video Gangnam Style memang telah mencapai 2,1 miliar. Angka ini rupanya melebihi kapasitas koding yang telah dibuat YouTube. Artinya, karena jumlah angka di komputer disimpan dalam bentuk 0 dan 1, ada batasan karakter penulisan angka yang bisa ditampilkan oleh YouTube di sebuah laman video.

Dalam kasus Psy, angka ini telah melebihi batasan tersebut dan Google harus melakukan upgrade untuk mengalokasikan memori tambahan. Masalah ini pun sudah bisa diatasi oleh Google dengan menyematkan 64-bit integer dan menambahkan sedikit animasi pada tampilan kolom jumlah pengunjung.

Rupanya, video yang diposting oleh YG Entertainment, tim manajemen Psy, sejak 15 Juli 2012 ini menjadi video pertama yang telah memecahka rekor hingga 2 miliar kunjungan. 

Tiga bulan sejak video itu diuncurkan, salah satu perusahaan iklan internet memprediksi jika YouTube telah mendapatkan keuntungan sebesar US$51.925 hanya dari video tersebut. Sedangkan Psy dan YG Entertainment diprediksi telah mendapatkan lebih dari US$2,5 juta dari iklan online di video itu.v