Featured Video

Selasa, 13 Januari 2015

DUA KLUB TIDAK LOLOS VERIFIKASI

 PT Liga Indonesia telah meram­pung­kan verifikasi awal ke­pada 20 klub calon pesertaIndonesia Super League (ISL) musim 2015. Hasilnya, ada dua klub yang dinyatakan tidak lolos. Demikian disampaikan CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, usai melakoni rapat pleno di Kantor PT Liga, Kuningan, Jakarta, Senin (12/1). PT Liga sendiri sudah melakukan pendataan kepada 20 klub untuk diperiksa kon­disi finansialnya sejak 23 De­sember lalu.

Dari data yang telah di­dapat, Liga akhirnya me­mutus­kan hanya 12 klub saja yang lolos verifikasi awal. Se­men­tara 6 lainnya masih perlu pendataan mendalam. Adapun dua klub lainnya, yaitu Persik Kediri dan Persiwa Wamena, dinyatakan gagal lolos. Namun status mereka masih me­nung­gu keputusan PSSI, apakah diistirahatkan atau diturunkan ke Divisi Utama.
“Ada dua poin verifikasi fokus ke finansial dan infras­truktur. Tapi untuk rapat pleno hari ini masih fokus ke ma­salah finansial,” kata Joko.
“Liga setelah melakukan analisis yang sangat ketat, komunikasi yang intens dari seluruh klub. Akhirnya kami membuat kesimpulan, dari 20 klub calon kompetisi ISL ada tiga kategori klub yang sering saya sampaikan.
“Kategori pertama kita putuskan klub-klub ini layak berkompetisi. Itu ada 12 klub. kategori kedua, enam klub yang posisinya memiliki ca­tatan dan liga perlu melakukan pendalaman tambahan dan mereka akan dipanggil PT liga dalam waktu dekat. Kemudian ada dua klub diputuskan tidak bisa ikut kompetisi,” paparnya.
Selain itu PT Liga Indo­nesia akhirnya memutuskan untuk memundurkan jadwal kick-off kompetisiIndonesia Super League (ISL) musim 2015. Alasannya, verifikasi belum rampung. Jika jadwal awal kick-offadalah 1 Feb­ruari, maka perubahan ini membuat kompetisi baru akan diputar mulai 21 Februari mendatang.
“Kami memutuskan untuk memundurkan jadwal kick-offkarena terbentur jadwal veri­fikasi, yang akhirnya ber­dam­pak pada perubahan peserta dan penjadwalan. Makanya perlu diproses ulang,” ujar Joko Driyono,
Selain proses verifikasi yang belum rampung, laga Persib pada kualifikasi Liga Cham­pions Asia baru akan digelar 10 Februari mendatang.
“Sebetulnya saya tidak in­gin lama mundurnya, minimal hanya seminggu. Tapi ada per­tim­bangan lain yaitu laga Persib di Kualifikasi Cham­pions Asia yang baru digelar pada tanggal 10 Februari. Jadinya harus mundur mundur sampai tanggal 21-22 Februari. Dengan catatan, setelah itu semua klub bisa fokus,” tambah Joko.