Featured Video

Jumat, 02 Januari 2015

Mengenal Wajah-Wajah Baru di MotoGP 2015

Mengenal Wajah-Wajah Baru di MotoGP 2015Enam pembalap baru, dengan tiga pembalap muda dan tiga senior, akan menjadi wajah yang menghiasi MotoGP 2015. (Reuters/Olivia Harris)
Setiap tahun MotoGP selalu menghadirkan wajah-wajah baru yang akan bertarung dengan para pendahulu mereka memburu gelar juara. Namun, tahun ini, selain pendatang baru (rookie), MotoGP juga diwarnai kehadiran dua pebalap veteran yang kembali ke sirkuit yaitu Marco Melandri dan Alex de Angelis. 

Sementara itu, para rookieadalah Jack Miller (LCR Honda), Loriz Baz (Forward Racing Yamaha), Eugene Laverty (Aspar Honda), dan Maverick Vinales (Aspar Honda). Kapasitas mereka di kelas teratas balap motor akan mulai dilihat pada 29 Maret nanti dalam Grand Prix di sirkuit Losail, Doha, Qatar.

Berikut para penantang baru MotoGP 2015.

1. Jack Miller, 19, Aspar Honda.

Pebalap asal Australia ini adalah rookie yang paling menonjol dari tiga rookie lainnya. Miller melakukan lompatan besar dari Moto3 untuk berkompetisi di MotoGP tahun ini. 

Miller mengakhiri musim 2014 sebagai peringkat kedua Moto3. Lompatannya ke MotoGP adalah yang lompatan terbesar dalam sejarah dunia balap motor.

Ia akan meneruskan tradisi Australia yang menghasilkan pebalap emas untuk menjadi juara dunia asal Negeri Kanguru seperti Mike Doohan dan Casey Stoner.

2. Maverick Vinales, 19, Suzuki

Vinales adalah salah satu bakat alami di dunia balapan. Dia merupakan juara Moto3 pada 2013 menjadi peringkat ketiga Moto2 pada tahun selanjutnya. 

Anak muda dari Girona, Italia itu telah memenangi 16 Grand Prix di semua kelas. Tahun ini dia akan menemani pebalap utama Suzuki, Aleix Espargaro yang ditarik dari Forward Yamaha.

Namun, Vinales mungkin akan kesulitan mengendalikan motor GSX-RR setelah pada uji coba pertama Vinales berada di urutan ke-18.

3. Loris Baz, 21, Forward Yamaha

Loris Baz merupakan peringkat kelima dalam klasemen akhir kejuaraan Superbike musim lalu. Prestasinya pada kejuaraan itu terus meningkat dari semula di peringkat ke-13 pada musim 2012 kemudian menjadi posisi ke delapan pada musim 2013. 
Namun, MotoGP dan Superbike memiliki spesifikasi yang berbeda, sehingga Baz diprediksi masih akan memerlukan beberapa adaptasi setelah balap dimulai.

4. Eugene Laverty, 28, Aspar Honda

Mantan pebalap Superbike ini sempat berlatih mengadaptasi kemampuannya dengan menjajal kelas 250 cc pada 2007 dan 2008. Setelah itu, ia kembali hijrah ke Supersport dan Superbike.

Pada musim balap 2014, Laverty yang membela tim Suzuki berada di peringkat ke lima Kejuraan Superbike. Pada ajang MotoGP, Laverty akan menjadi rekan juara dunia 2006, Nicky Hayden, dan mengendarai motor Drive M7 ASpar Honda. 

5. Marco Melandri, 32, Aprilia Gresini

Marco Melandri kembali lagi ke MotoGP. Mantan juara dunia GP250 itu sempat tujuh tahun bertarung di sirkuit MotoGP (2003-2010). Ia lalu pindah ke Kejuaraan Superbike selama empat tahun terakhir.

Dilihat dari kemampuan membalap, Melandri memiliki potensi untuk mendobrak dominasi pebalap Yamaha dan Honda di sirkuit MotoGP. Namun, hal ini akan sulit dilakukan karena Melandri--seperti dilansir motogp.com--tak memiliki paket yang kompetitif di musim 2015. Ini adalah musim pertama debut Aprilia di MotoGP.

Sebelumnya Aprilia pernah berlaga di kelas 125 cc dan 250 cc, namun mereka lalu benar-benar berhenti pada 2011.

6. Alex de Angelis, 32, Iodaracing

Alex de Angelis adalah sosok yang tak asing di MotoGP. DeA--sapaan akrab De Angelis--adalah pebalap pengganti yang kerap bolak balik kelas MotoGP dan Moto2.

Ia pernah menjalani dua musim penuh sebagai pembalap MotoGP di musim 2008 dan 2009. Lalu di tahun 2010 ia menggantikan Hiroshi Aoyama yang sedang cedera. 

Kemudian, tengah musim lalu, DeA yang tengah membalap di Moto2 harus naik kelas karena mengganti Collin Edwards di tim Forward Racing.

Edwards pensiun pada seri ke-10, GP Indianapolis, sehingga sisa seri berikutnya adalah DeA yang mengganti tugas Edwards.d